Membuat dokumen Microsoft Office, baik di Microsoft Word, Excel atau PowerPoint, terkadang juga perlu menyertakan satu atau lebih gambar pendukung. Gambar bisa diperoleh dari mana saja, bisa dari foto, internet, hasil scan dokumen dan sebagainya. Terkadang, gambar yang diperlukan tidak kelesuruhan gambar utuh. Anda mungkin ingin memotong (crop) dan membuang sisi-sisi gambar yang dianggap tidak diperlukan.

Anda mungkin akan menggunakan aplikasi image editing untuk memotong dan membuang sisi-sisi gambar sebelum menyisipkan ke dokumen Microsoft Office. Ada cukup banyak aplikasi image editing gratis dan komersial yang bisa digunakan seperti GIMP, PhotoScape, Photo Pos Pro, Adobe Photoshop dan CorelDraw. Aplikasi-aplikasi tersebut memiliki fitur lengkap dan memang dibuat khusus untuk mengedit gambar.

Namun, hanya untuk memotong dan membuang sisi-sisi gambar yang tidak diperlukan (cropping images), Anda tidak perlu menggunakan apikasi-aplikasi tersebut. Aplikasi Microsoft Office seperti Word, Excel dan PowerPoint telah memiliki fitur untuk edit gambar meskipun terbatas. Anda dapat mengedit gambar yang telah disisipkan ke dokumen langsung di aplikasi Microsoft Office, tanpa perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Artikel menarik lainnya:

Untuk memotong dan membuang sisi-sisi gambar yang tidak diperlukan di aplikasi Microsoft Office, Anda dapat menggunakan fitur Crop. Ketika menggunakan fitur ini, Anda mungkin akan memotong dan membuang gambar dari masing-masing sisi. Sebenarnya, ada beberapa cara praktis memotong gambar menggunakan fitur Crop di Microsoft Office. Berikut ini adalah 4 cara praktis tersebut di Microsoft Office Word 2016:

Anda tentu sudah tahu bagaimana menyisipkan atau menambahkan gambar ke dokumen Microsoft Office. Caranya cukup mudah. Pastikan Anda telah berada di tab Insert dan kemudian klik tombol Pictures atau Online Pictures, tentukan atau cari gambar yang ingin disisipkan ke dokumen. Untuk mulai memotong (crop) gambar, klik kanan pada gambar dan kemudian pilih Crop. Di setiap sisi dan sudut gambar akan muncul black crop handles (gagang potong warna hitam).

Baca artikel terkait penyisipan gambar:

Memotong gambar dengan fitur Crop di Microsoft Office Word

1. Memotong satu sisi gambar.

Untuk memotong dan membuang salah satu sisi gambar, seret gagang potong warna hitam yang ada di salah satu sisi gambar ke arah dalam. Akan nampak bagian gambar berwarna hitam. Tekan tombol keyboard Enter untuk memotong dan membuang bagian gambar tersebut.

Memotong gambar dengan fitur Crop di Microsoft Office Word

2. Memotong dua sisi gambar yang berdekatan secara bersama.

Untuk memotong dan membuang dua sisi gambar yang berdekatan secara bersama, seret gagang potong warna hitam yang ada di salah satu sudut gambar ke arah dalam. Akan nampak bagian gambar berwarna hitam di dua sisi gambar yang berdekatan. Tekan tombol keyboard Enter untuk memotong dan membuang bagian gambar tersebut.

Memotong gambar dengan fitur Crop di Microsoft Office Word

3. Memotong dua sisi gambar yang pararel secara bersama.

Untuk memotong dan membuang dua sisi gambar yang pararel secara bersama, tekan dan tahan tombol keyboard Ctrl sambil menyeret gagang potong warna hitam yang ada di salah satu sisi gambar ke arah dalam. Akan nampak bagian gambar berwarna hitam di dua sisi pararel gambar. Tekan tombol keyboard Enter untuk memotong dan membuang bagian gambar tersebut.

Memotong gambar dengan fitur Crop di Microsoft Office Word

4. Memotong keempat sisi gambar sekaligus secara bersama.

Untuk memotong dan membuang keempat sisi gambar secara bersama, tekan dan tahan tombol keyboard Ctrl sambil menyeret gagang potong warna hitam yang ada di salah satu sudut gambar ke arah dalam. Akan nampak bagian gambar berwarna hitam di keempat sisi gambar. Tekan tombol keyboard Enter untuk memotong dan membuang bagian gambar tersebut.

Memotong gambar dengan fitur Crop di Microsoft Office Word

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It