Menghilangkan garis berombak merah hijau di dokumen Microsoft Word

2 Cara Menghilangkan Garis Berombak Merah Dan Hijau Di Dokumen Microsoft Word

Kita mengetahui bahwa hampir semua perangkat lunak (software) yang ada menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa default, termasuk fitur di dalamnya. Salah satu software yang populer dan paling banyak digunakan adalah paket Microsoft Office buatan raksasa perangkat lunak Microsoft. Beberapa aplikasi di paket tersebut yang sudah tidak asing lagi adalah Microsoft Word, Microsoft Excel dan Microsoft PowerPoint.

Di Microsoft Word, ketika Anda membuat dokumen dalam bahasa Indonesia, pada teks dokumen akan muncul banyak garis berombak atau bergelombang warna merah dan hijau. Untuk pengguna baru Microsoft Office, ini bisa membingungkan dan mengira ada masalah di Microsoft Word yang digunakan, terlebih lagi ketika mencoba di komputer lain, garis berombak warna merah dan hijau tidak muncul.

Baca artikel Menghilangkan Garis Berombak Warna Merah Di OpenOffice Writer

Garis berombak yang muncul di dokumen Microsoft Word memang mengganggu, dokumen terkesan tidak rapi dan teks dokumen menjadi samar oleh garis berombak. Sebenarnya, Garis berombak ini hanya muncul saat dokumen dibuat atau diedit dan tidak ada ketika dokumen dicetak. Garis berombak warna merah dan hijau ini berkaitan dengan dua fitur penting yang ada Microsoft Word.

Baca artikel:

Dua fitur penting tersebut adalah Check spelling as you type dan Mark grammar error as you type. Microsoft Word secara otomatis memeriksa teks yang diketik. Jika ada kesalahan pada ejaan (spelling), akan muncul garis berombak merah. Jika ada kesalahan pada tata bahasa (grammar), akan muncul garis berombak hijau. Garis berombak warna merah dan hijau adalah indikator untuk Anda agar melakukan koreksi atau pembetulan.

Baca artikel:

Bila dokumen Microsoft Word dibuat dalam bahasa Indonesia dan Microsoft Word sendiri menggunakan bahasa Inggris untuk memeriksa ejaan dan tata bahasa di dokumen, maka akan terjadi banyak kesalahan. Ini yang menyebabkan muncul banyak garis berombak warna merah dan hijau di teks dokumen. Untuk menghilangkan garis berombak ini, Anda perlu menonaktifkan kedua fitur Microsoft Word tersebut.

Di Microsoft Word, Anda dapat menonaktifkan kedua fitur tersebut dengan dua cara yaitu melalui kotak dialog Word Options dan opsi Set Proofing Language. Berikut ini adalah caranya:

1. Melalui Kotak dialog Word Options.

Cara pertama menonaktifkan fitur Check spelling as you type dan Mark grammar error as you type di Microsoft Word adalah melalui kotak dialog Word Options. Klik tab File, di backstage Microsoft Word yang muncul, pilih Options.

Mengilangkan garis berombak warna merah hijau di dokumen Microsoft Word

Di kotak dialog Word Options yang muncul, pastikan tab Proofing diseleksi (1), di bagian When correnting spelling and grammar in Word, hilangkan tanda centang di kotak centang (check box) Check spelling as you type dan Mark grammar error as you type (2) dan kemudian klik tombol OK (3).

Mengilangkan garis berombak warna merah hijau di dokumen Microsoft Word

2. Melalui opsi Set Proofing Language.

Cara kedua menonaktifkan fitur Check spelling as you type dan Mark grammar error as you type di Microsoft Word adalah melalui opsi Set Proofing Language. Klik tab Review (1), di kelompok Language, klik anak panah dari tombol Language (2) dan kemudian pilih opsi Set Proofing Language... (3).

Mengilangkan garis berombak warna merah hijau di dokumen Microsoft Word

Di kotak dialog Language yang muncul, beri tanda centang di kotak centang Do not check spelling or grammar (1) dan kemudian klik tombol OK (2) untuk mengakhiri. Ini akan menghilangkan sekaligus garis berombak warna merah dan hijau di dokumen Microsoft Word.

Mengilangkan garis berombak warna merah hijau di dokumen Microsoft Word
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It