Apa itu Fitur Tablet Mode Di Microsoft Windows 10

Apa Itu Fitur Tablet Mode Di Microsoft Windows 10

Sebagai pengguna setia Microsoft Windows, tentunya Anda mengikuti perkembangan sistem operasi ini dari waktu ke waktu. Anda mungkin ingat ketika Microsoft kemudian merilis Windows 8 sebagai pengganti Windows 7. Banyak pengguna Windows 8 yang kecewa dengan hilangnya tombol Start Menu yang menampilkan daftar program atau aplikasi yang biasa ditemukan di Windows 7 dan versi Windows di bawahnya.

Di Windows 8, Microsoft telah memutuskan untuk menghilangkan tombol Start Menu dan menggantinya dengan Start Screen. Start Screen muncul di tengah layar dengan blok-blok datar berwarna-warni yang disebut dengan live tiles (ubin hidup). Live tiles dari Start Screen ini merupakan representasi aplikasi interaktif seperti Weather, News, Finance, Sport dan lain sebagainya yang dapat menampilkan update langsung.

Aplikasi interaktif tersebut umumnya berbasis pada Universal Windows Platform (UWP) yang berbeda dengan kebanyakan aplikasi bawaan Windows sebelumnya. Live tiles dengan blok berukuran lebih besar dari ikon didesain dengan tujuan untuk menyediakan tombol layar sentuh. Jadi, Windows 8 sudah menerapkan antar muka layar sentuh sebagaimana perangkat mobile seperti tablet dan smartphone.

Baca artikel File Explorer Berbasis Universal Windows Platform.

Meskipun live tiles bisa dioperasikan dengan mouse, namun hilangnya bombol Start Menu dan cara baru mengakses aplikasi dalam bentuk Start Screen membuat pengguna Windows 8 frustasi. Microsoft akhirnya memperbaiki ini di Windows 8.1 dengan mengkombinasikan Start Menu dan Start Screen menjadi tombol Start Menu yang menampilkan daftar aplikasi dan juga live tiles.

Start Screen dengan tampilan live tiles di Windows 8 yang memiliki antar muka layar sentuh belum bisa diterima saat itu. Pengguna Windows umumnya masih menggunakan desktop (PC) tradisional dengan mouse dan keyboard. Di Windows 10, Microsoft kemudian menyajikan kembali konsep yang hebat dari Windows 8 dalam bentuk fitur yang disebut dengan Tablet Mode.

Tablet Mode adalah fitur opsional yang membolehkan pengguna Microsoft Windows 10 dengan desktop atau laptop yang memiliki teknologi layar sentuh untuk mengoperasikan perangkatnya tersebut dengan cara menyentuh layar daripada menggunakan mouse atau keyboard. Pengguna Windows yang memiliki desktop atau laptop dengan layar sentuh dapat mengaktifkan fitur Tablet Mode ini bila menginginkannya.

Perbedaan utama Tablet Mode dan Desktop Mode ada pada antar muka (user interface). Tablet Mode menampilkan antar muka Windows 10 sedemikian rupa untuk mengoptimalkan penggunaan desktop (PC) dan laptop yang menggunakan teknologi layar sentuh sebagai tablet. Optimalisasi pada Tablet Mode meliputi penggunaan tampilan live tiles, tampilan ikon yang lebih sedikit dan juga on-screen touch keyboard.

Baca artikel Menampilkan Atau Membuka On-Screen Keyboard Di Windows 10

Bila Anda memiliki desktop atau laptop dengan layar sentuh dan ingin mengoperasikan perangkat tersebut dengan menyentuh layar dibandingkan menggunakan mouse atau keyboard, Anda dapat mengaktifkan fitur Tablet Mode. Ada beberapa cara mengaktifkan atau menggunakan fitur Tablet Mode di Windows 10, salah satunya melalui Action Center.

Klik ikon Action Center yang ada di taskbar, di samping kanan tanggal dan waktu, untuk menampilkan berbagai ikon aksi cepat dan notifikasi aplikasi.

Mengenal fitur Tablet Mode di Microsoft Windows 10

Kemudian pilih atau klik Tablet mode untuk mengaktifkan tablet mode di Windows 10. Bila Anda berada dalam tablet mode dan ingin menonaktifkan Tablet mode kembali, ulangi langkah yang sama persis untuk menonaktifkan Table mode.

Mengenal fitur Tablet Mode di Microsoft Windows 10
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It