Distro Linux terbaik untuk gaming

5 Distro Linux Terbaik Untuk Gaming

Untuk sekarang ini, Anda mungkin salah bila masih tetap beranggapan bahwa distro Linux manapun belum layak untuk digunakan bermain game. Banyak game dirilis ditujukan untuk Windows dan macOS memang benar. Namun, bermain game di distro Linux juga telah mengalami banyak perkembangan. Distro Linux manapun sudah dapat digunakan untuk bermain game.

Anda dapat menginstal game Linux di distro Linux manapun atau Anda dapat menggunakan tool seperti PlayOnLinux, Wine, Steam dan juga emulator lainnya. Sekarang ini, ada cukup banyak distro Linux yang sudah optimalkan untuk bermain game. Tentu saja, untuk dapat memilih distro Linux terbaik untuk game, cara paling tepat adalah dengan mencobanya.

Baca artikel:

Ada beberapa pertimbangan sebelum memilih distro Linux untuk gaming. Pastikan syarat minimum hardware terpenuhi sebelum menginstal distro Linux untuk gaming. Pilih distro Linux yang lebih sering merilis pembaruan (update) untuk menjaga sistem tetap stabil dan bermain game tetap lancar. Bila Anda bermain game kelas atas, pilih distro Linux yang membatu memainkan game kelas atas juga.

Baca artikel:

Berikut ini adalah 5 distro Linux terbaik untuk gaming yang akan memberi pengalaman bermain game Anda jauh lebih baik, lancar dan juga mengesankan:

1. SteamOS.

Distro Linux terbaik untuk gaming

SteamOS adalah distro Linux untuk gaming yang paling populer. SteamOS dikembangkan dan didistribusikan oleh Valve Corporation. Karena merupakan distro Linux untuk gaming, SteamOS sudah terdapat Steam yang pra-instal dan basis sistemnya berasal dari Debian 8. Sebagai distro Linux untuk gaming kelas atas, SteamOS dilengkapi driver dan konfigurasi yang juga pra-instal.

Secara default, SteamOS hanya menginstal Steam, namun Anda juga memiliki opsi untuk mengaktifkan mode desktop untuk mendapatkan sistem operasi dekstop berfitur lengkap dimana Anda dapat menginstal dan menjalankan aplikasi lain selain Steam dan game. SteamOS hadir dengan user interface (GUI) sederhana yang mudah digunakan.

SteamOS menuntut hardware yang sedikit kuat. Bila Anda menggunakan sistem dengan hardware yang lebih tua, mungkin akan ada kesulitan dalam menginstal dan menjalankan SteamOS ini. SteamOS mendukung berbagai prosesor grafis dan kompatibel dengan joystick dan gamepad yang ada di pasaran. SteamOS adalah ditro Linux untuk gaming yang paling direkomendasikan.

2. SparkyLinux GameOver Edition.

Distro Linux terbaik untuk gaming

SparkyLinux adalah distro Linux yang berbasis pada Debian. Edisi SparkyLinux GameOver terbaru menyertakan fitur-fitur seperti platform game Lutris dan tool untuk menginstal web browser sehingga Anda dapat memainkan game online. SparkyLinux GameOver juga menyertakan tool khusus APTus Gamer untuk emulator game.

APTus Gamer ini digunakan untuk mengunduh berbagai emulator game. Ide dibalik ini adalah untuk memberi akses mudah ke bebagai emulator game, konsol dan alat game lain yang memang diperlukan untuk bermain game di platform apapun. SparkyLinux GameOver Edition sangat bagus untuk gamer yang terbiasa bermain game dengan emulator berbeda.

Anda dapat dengan mudah memainkan game dari platform lainnya seperti Steam dan Windows. Aplikasi game Wine dan PlayOnLinux juga sudah pra-instal. Ini berguna ketika Anda ingin menjalankan game DOS dan Windows lama di Linux. SparkyLinux GameOver Edition juga berisi game open source dan gratis seperti Wesnoth dan Robots.

3. Ubuntu GamePack.

Distro Linux terbaik untuk gaming

Pengguna Linux mungkin lebih mengenal Ubuntu sebagai sistem operasi desktop, sedangkan Ubuntu GamePack adalah distro Linux berbasis Ubuntu yang telah dioptimalkan untuk gaming. Ubuntu GamePack mendapatkan popularitas di kalangan gamer beberapa tahun terakhir. Tidak seperti SteamOS, Ubuntu GamePack dapat berjalan lancar di hardware yang rendah.

Ubuntu GamePack sudah menyertakan sistem pra-instal Steam dan platform game Lutris untuk mengakses dan menginstal ratusan game ke sistem Ubuntu. Ada juga tool seperti PlayOnLinux, Wine, CrossOver, DOSBox dan DOSEmu yang menyediakan akses ke ribuan game dan juga aplikasi untuk Windows dan DOS.

Selain itu, distro Linux yang berasal dari pengembang Ukraina UALinux ini mendukung Adobe Flash Player dan Oracle Java sehingga Anda juga dapat memainkan game online dan juga GNome Twitch yang membolehkan Anda menikmati video game dan juga streaming seperti turnamen e-sports, berbagai macam kompetisi dunia maya dan lain sebagainya.

4. Fedora Game Spin.

Distro Linux terbaik untuk gaming

Banyak distro Linux hebat untuk gaming berbasis pada Debian atau Ubuntu, namun, bila Anda adalah pengguna RadHat, CentOS atau Fedora, Anda dapat menggunakan Fedora Game Spin yang termasuk salah satu distro Linux hebat lainnya untuk gaming. Fedora Game Spin telah dimodifikasi dan dioptimalkan oleh pengelolanya untuk bermain game.

Fedora Game Spin telah menjadi platform hebat karena sistem operasinya yang ringan, cepat dan stabil. Di Fedora Game Spin sendiri sudah terdapat banyak game pra-instal dalam berbagai genre (aliran). Yang perlu diketahui terkait Fedora Game Spin adalah bahwa tool seperti PlayOnLinux, Wine dan Steam tidak disertakan. Anda perlu menginstal secara manual bila ingin bermain game dari platform lain seperti Windows.

5. Lakka Linux.

Distro Linux terbaik untuk gaming

Lakka Linux sebenarnya adalah distro Linux yang kuat, namun kemudian dioptimalkan agar menjadi lebih baik lagi untuk berjalan dengan lancar pada perangkat keras (hardware) komputer kelas bawah. Lakka Linux dirancang secara khusus sebagai distro Linux untuk gaming yang ramah pengguna. Lakka Linux mampu mengubah komputer menjadi konsol game retro.

Lakka Linux dibangun di atas inti libreto yaitu universal abstraction API untuk emulator dan RetroArch sebagai GUI front-end (antar muka depan) yang sangat populer. Lakka Linux dilengkapi fitur seperti pengenalan Joypad otomatis, dukungan untuk berbagai hardware dan driver yang semuanya dalam satu konsol emulator dan berbagai fitur lain.

Sebagai distro Linux untuk gaming, Lakka Linux mendukung sebagian besar keyboard, pengendali PS3 dan juga PS4 nirkabel serta pengontrol Xbox 360 bila Anda memiliki dongle eksklusif. RetroArch juga menawarkan fitur konfigurasi otomatis sehingga sebagian besar pengontrol dapat bekerja tanpa perlu pemetaan kunci (map keys).

Untuk alasan hak cipta, Anda tidak akan mendapati game pra-instal pada distro Lakka Linux ini. Anda perlu mendapatkan salinan resmi ISO image dari CD game yang Anda miliki atau file ROM dari game arcade yang telah dikompilasi sebelumnya.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It