Cara Cepat Memformat Tabel Di Microsoft Word Dengan Table Styles

Dokumen Microsoft Word dapat memiliki satu atau lebih tabel. Microsoft Word sendiri dilengkapi fitur untuk membuat atau menambahkan tabel ke dokumen jika diperlukan. Di Microsoft Word, Anda membuat atau menambahkan tabel dengan tombol Table di kelompok Tables dari tab Insert. Tabel adalah cara yang tepat untuk mengorganisasi informasi.

Pada umumnya, tabel yang terdapat di dokumen Microsoft Word memiliki tampilan yang sangat sederhana dengan gaya (style) default berupa garis warna hitam dan tanpa shading. Sebenarnya, Microsoft Word sendiri juga dilengkapi fitur untuk memformat tabel sehingga memiliki tampilan yang lebih baik, seperti mengubah warna garis tabel atau menambahkan shading.

Baca artikel 5 Cara Membuat Tabel Di Microsoft Word

Memformat tabel di Microsoft Word secara manual memang bukan pekerjaan yang mudah dan pastinya juga memakan waktu. Terkadang, kita masih belum puas dengan hasil dari memformat dan kemudian melakukan perubahan berkali-kali. Ini belum termasuk satu atau lebih tabel lain yang masih menunggu untuk diformat sama atau berbeda.

Baca artikel:

Bila Anda tidak ingin repot atau membuang waktu untuk memformat tabel di Microsoft Word, Anda dapat menggunakan fitur Table Styles. Fitur Table Styles ini mirip dengan fitur AutoFormat di Microsoft Excel untuk memformat tabel dan data dengan cepat. Fitur Table Styles di Microsoft Word juga menyediakan cukup banyak format pra-desain untuk tabel di Microsoft Word.

Baca artikel Mengatur Tabel Rata Kiri, Tengah Atau Kanan Di Dokumen Word

Fitur Table Styles memberi tampilan profesional pada tabel di Microsoft Word. Ketika Anda menggunakan salah satu gaya (style) dari Table Styles, Table Styles memberi tampilan yang konsisten ke border, shading dan font. Ketika Anda beralih untuk menggunakan gaya (style) lainnya, tampilan tabel secara otomatis diperbarui.

Fitur Table Styles di Microsoft Word ini sangat mudah digunakan untuk memformat tabel secara otomatis dan cepat. Berikut ini adalah caranya:

Buat tabel atau buka dokumen Microsoft Word yang tabelnya akan diformat dengan Table Styles. Sorot atau seleksi tabel dengan mengklik ikon tambah yang ada di sudut kiri atas atau klik di salah satu sel tabel untuk menempatkan kursor di set tersebut.

Cara cepat dan otomatis memformat tabel di Microsoft Word dengan fitur Table Styles

Anda dapat memperhatikan bahwa ribbon Microsoft Word sekarang memiliki Table Tools (1) dengan dua tab yaitu Design dan Layout. Pastikan tab Design dari Table Tools aktif (2), di kelompok Table Styles (3), klik ikon anak panah More (4).

Cara cepat dan otomatis memformat tabel di Microsoft Word dengan fitur Table Styles

Berbagai format pra-desain untuk tabel ditampilkan. Klik atau pilih salah satu yang Anda ingin gunakan pada table.

Cara cepat dan otomatis memformat tabel di Microsoft Word dengan fitur Table Styles

Anda dapat melihat hasil pemformatan tabel di Microsoft Word dengan fitur Table Styles. Tabel akan diformat otomatis dan cepat dengan fitur Table Style tanpa Anda harus melakukan pemformatan manual.

Cara cepat dan otomatis memformat tabel di Microsoft Word dengan fitur Table Styles

Untuk mengganti gaya (style) pemformatan ke yang lain, ulangi lagi dengan mengklik ikon anak panah More untuk menampilkan berbagai format pra-desain dan kemudian pilih gaya (style) yang Anda inginkan.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It