Mengenal konstanta (constant) di Program Java

Mengenal Konstanta (Constant) Di Program Java

Di bahasa pemrograman Java, konstanta (constant) berbeda dengan variabel. Konstanta merupakan identifier yang berisi data yang sudah ditentukan dan pasti, tidak akan dapat berubah (permanent) di dalam program. Untuk mendeklarasikan sebuah konstanta di Java, diperlukan kata kunci (keyword) final sebelum tipe data dan nama konstanta.

Berikut ini adalah sintaksis deklarasi dan pemberian nilai pada konstanta Java:

final tipe-data NAMAKONSTANTA = nilai;

final adalah kata kunci Java (Java keyword) yang berarti bahwa nilai sebuah konstanta tidak dapat berubah. Secara kaidah penamaan, nama konstanta seharusnya ditulis dengan menggunakan huruf besar semua.

Anda mungkin masih ingat pelajaran matematika mengenai bangun datar, khususnya materi tentang lingkaran. Lingkaran merupakan salah satu bangun datar yang mempunyai konstanta bernama pi(л). Rumus keliling lingkaran adalah 2 л r atau л d dan luas lingkaran adalah л r². Rumus keliling dan luas lingkaran masing-masing menggunakan tanda л (pi). Nilai л adalah tetap dan tidak pernah berubah. Л adalah konstanta bernilai 22/7 atau 3.14159.

Baca artikel Deklarasi Variabel Dan Memberi Nilai Di Program Java

Berikut ini adalah contoh program menghitung luas lingkaran yang mempunyai jari-jari 7. Program akan menampilkan nilai jari-jari dan luas lingkaran di kotak dialog pesan.

// Nama file : LuasLingkaran.java
// Menampilkan nilai jari-jari dan luas lingkaran di kotak dialog

// Mengimpor kelas JOptionPane
import javax.swing.JOptionPane;

public class LuasLingkaran {
   public static void main(String[] args) {

      // Deklarasi konstanta
      final double PI = 3.14159;

      // Deklarasi variabel jari2 dan luas
      int jari2;
      double luas;

      // Memberi nilai awal ke variabel jari2
      jari2 = 7;

      // Menghitung luas lingkaran
      luas = PI * jari2 * jari2;

      // Menampilkan hasil di kotak dialog
      JOptionPane.showMessageDialog(null, "Jari-jari lingkaran = " +
         jari2 + "\nLuas lingkaran = " + luas, "Menghitung Luas",
         JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE);
      
      // Mengakhiri program yang menampilkan GUI
      System.exit(0);
   }
}

Mengenal konstanta (constants) di pemrograman Java
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It