Cara mengunci layar komputer di Windows 10

4 Cara Mengunci Layar Komputer Di Microsoft Windows 10

Umumnya, seorang karyawan kantor akan mendapat fasilitas komputer untuk menunjang pekerjaannya. Komputer sebagai sarana penunjang kerja akan berisi data atau informasi penting terkait pekerjaan. Data atau informasi ini harus dijaga dari orang lain yang tidak berkepentingan. Sangat beresiko meninggalkan komputer dalam keadaan aktif di ruang kerja yang ramai. Anda dapat kehilangan data atau informasi yang tersimpan.

Microsoft Windows sudah dilengkapi fitur pengaman untuk mengunci layar komputer. Bila Anda ingin meninggalkan komputer untuk sementara waktu namun tidak ingin mematikan komputer karena akan digunakan lagi, Anda dapat mengunci layar komputer agar orang lain yang ada di sekitar ruang kerja Anda tidak memiliki akses ke komputer.

Orang yang mencoba mengakses atau menggunakan komputer Anda yang terkunci, perlu mengetahui password Administrator untuk masuk ke dalam sistem komputer. Cara ini dapat mengamankan data atau informasi penting yang tersimpan di dalam komputer. Di Microsoft Windows 10, ada beberapa cara berbeda untuk mengunci layar komputer Windows.

Baca artikel Mematikan (Shut down) Windows Melalui Pintasan Keyboard

1. Menggunakan tombol Ctrl + Alt + Delete di keyboard.

Tekan kombinasi tombol keyboard Ctrl + Alt + Delete bersama-sama. Dari pilihan perintah yang muncul, klik Lock untuk mengunci layar komputer.

Cara mengunci layar komputer di Microsoft Windows 10

2. Menggunakan tombol Windows + L di keyboard.

Tekan tombol keyboard Windows + L bersama-sama untuk mengunci layar komputer dengan cepat. Tombol Windows adalah tombol keyboard dengan logo Windows. Cara penguncian ini dapat digunakan untuk Windows Vista dan versi Windows di atasnya.

Cara mengunci layar komputer di Microsoft Windows 10

3. Menggunakan tombol Start.

Klik tombol Start yang ada di sudut kiri bawah, kemudian klik kanan mouse tepat di ikon gambar akun pengguna untuk menampilkan daftar perintah dan selanjutnya pilih Lock untuk mengunci layar komputer.

Cara mengunci layar komputer di Microsoft Windows 10

4. Membuat pintasan (shortcut) di desktop komputer.

Cara berikutnya adalah melalui pintasan di desktop. Anda terlebih dahulu harus membuat pintasan di desktop (desktop shortcut) yang digunakan untuk mengunci layar komputer. Untuk mulai membuat pintasan desktop, klik kanan (right click) di area kosong desktop komputer untuk menampilkan daftar menu pintas, pilih New dan kemudian Shortcut.

Cara mengunci layar komputer di Microsoft Windows 10

Di kotak dialog Create Shortcut yang muncul, ketik C:\Windows\System32\rundll32.exe user32.dll,LockWorkStation dan kemudian klik tombol Next.

Cara mengunci layar komputer di Microsoft Windows 10

Masih di kotak dialog Create Shortcut, ketik nama dari shortcut yang dibuat dan kemudian akhiri dengan mengklik tombol Finish.

Cara mengunci layar komputer di Microsoft Windows 10

Berikut ini adalah hasil akhir pembuatan pintasan desktop (desktop shortcut) dengan label Lock Windows Screen. Untuk mengunci layar komputer, klik ganda (double click) shortcut Lock Windows Screen.

Cara mengunci layar komputer di Microsoft Windows 10
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It