Apa itu fitur DNS-over-HTTPS (DoH) di browser Mozilla Firefox

Banyak orang mulai memberi perhatian yang serius pada privasi saat mereka terhubung ke internet. Mereka berupaya agar privasi online tetap aman dan mencegah ekspose yang berlebihan dengan melakukan aktivitas browsing internet secara anonim. Mereka sadar bahwa internet bukan tempat yang aman. Saat terhubung ke internet, informasi tentang Anda bisa dilacak, komputer yang Anda gunakan, lokasi Anda, website yang Anda kunjungi, apa yang Anda cari dan sebagainya.

Di era digital, keamanan privasi online menjadi sangat penting. Orang melakukan berbagai cara agar privasi online tidak terlacak saat browsing, misalnya menggunakan VPN, web proxy, browser anonim, mesin pencari (search engine) yang aman dan berbagai upaya lain. Meskipun cara-cara ini tidak menjamin 100% privasi online Anda terlindungi, namun setidaknya akan mencegah atau membatasi ekspose berlebihan.

Kabar baik untuk pengguna browser Mozilla Firefox. Mozilla telah menambahkan fitur proteksi privasi dasar di browser Mozilla Firefox yang akan mengenkripsi alamat web atau nama domain (domain name). Fitur enkripsi nama domain ini dikenal dengan DNS-over-HTTPS (DoH). Mozilla sendiri telah melakukan serangkaian uji coba dalam kurun waktu lama untuk memastikan performa DNS-over-HTTPS di Mozilla Firefox.

Baca artikel:

Setelah serangkaian uji coba memberi hasil positif yaitu peningkatan performa yang besar, Mozilla akan segera menjadikan DNS-over-HTTPS sebagai fitur default untuk sebagian kecil pengguna browser Mozilla Firefox melalui rilis update. Bila fitur ini berfungsi tanpa masalah, DNS-over-HTTPS sebagai fitur default akan diperluas. Sebenarnya, apa itu DNS-over-HTTPS yang mengenkripsi nama domain?

Ketika ingin mengunjungi sebuah website atau blog, Anda mengetik alamat web atau nama domain, misalnya www.topikit.com, di bilah alamat (address bar) browser. Browser kemudian mengirimkan kueri alamat web atau nama domain ini ke internet untuk mencari alamat IP untuk website atau blog tersebut. Secara tradisional, kueri dikirim ke server melalui koneksi plaintext. Koneksi ini tidak terenkripsi meskipun alamat web atau nama domain menggunakan HTTPS.

Baca artikel:

Koneksi yang tidak terenkripsi memudahkan pihak ketiga melalui software melihat website atau blog apa yang sedang Anda akses. Bila fitur DNS-over-HTTPS (DoH) diaktifkan, browser mengirimkan kueri ke server DNS yang kompatibel dengan DNS-over-HTTPS menggunakan koneksi HTTPS terenkripsi. Ini mencegah pihak ketiga melihat website atau blog apa yang sedang Anda akses.

Pada intinya, fitur DNS-over-HTTPS di browser Mozilla Firefox dapat menjadikan aktivitas browsing internet Anda lebih pribadi dan aman dengan menyembunyikan alamat web atau nama domain dari pihak ketiga yang mencoba melacaknya. Secara default, DNS-over-HTTPS menggunakan settings dan DNS provider dari Cloudflare. Fitur ini merupakan kerjasama antara Mozilla dan Cloudflare.

Baca artikel:

Fitur DNS-over-HTTPS ini sebenarnya sudah tersedia di browser Mozilla Firefox. Untuk Anda yang tidak sabar menunggu sampai Mozilla menjadikan fitur default, Anda dapat mengaktifkannya saat ini juga. Berikut ini adalah cara mengaktifkan fitur DNS-over-HTTPS (DoH) di browser Mozilla Firefox:

Di bilah alamat (address bar) dari browser Mozilla Firefox, ketik "about:preferences" dan kemudian tekan tombol keyboard Enter. Di halaman Options yang muncul, pastikan Anda berada di tab General (2), gulung halaman ke atas dan di bagian Network Settings, klik tombol Settings... (3).

Mengaktifkan DNS-over-HTTPS (DoH) di browser Mozilla Firefox

Di jendela Connection Settings yang muncul, gulung ke atas, temukan Enable DNS over HTTPS dan kemudian beri tanda centang di kotak centang (1) yang ada di samping kiri. Secara default, browser Mozilla Firefox menggunakan provider Cloudflare (2), namun Anda juga dapat menggunakan provider lain yang Anda miliki. Klik tombol OK (3) untuk menyimpan perubahan. Sekarang, DNS-over-HTTPS telah diaktifkan.

Mengaktifkan DNS-over-HTTPS (DoH) di browser Mozilla Firefox
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It