Untuk pengguna CMS Joomla, tentu sudah tidak asing dengan post-installation messages yang selalu muncul di laman pertama panel admin Joomla (Joomla backend). Mungkin sebagian dari Anda pernah memberi atensi dan menggali lebih jauh untuk mengetahui apa sebenarnya post-installation messages tersebut. Sebagian yang lain mungkin membiarkannya tanpa ada keinginan untuk mengetahui karena telah mendapatkan gambaran awal, menganggap kurang penting dan dapat ditinggalkan untuk sementara waktu.

Penulis sendiri sudah cukup lama tidak menghiraukan tulisan "You have post-installation messages" dengan background warna biru muda yang di dalamnya terdapat tombol warna biru berlabel "Read Messages" (sebelumnya berlabel "Review Messages"). Setiap berada di panel Admin Joomla (Joomla backend), pesan Post-Installation selalu ada di posisi atas, tepat di bawah menu Joomla. Sikap tidak menghiraukan ini mungkin karena tidak ditemukan kendala atau masalah berarti, terkait CMS Joomla.

Post-Installation Messages di CMS Joomla

Awalnya Penulis menganggap bahwa post-installation messages hanya muncul sementara waktu dan akan hilang pada waktunya, namun ternyata keberadaannya tetap ada sampai saat ini. Post-installation messages sebenarnya adalah fitur baru yang dibawa Joomla versi 3.2, sekitar tahun 2013 yang lalu. Fitur ini hanya bisa diakses melalui panel admin Joomla. Post-installation messages berisi pesan-pesan terkait dengan fitur inti atau ekstensi internal Joomla.

Melalui post-installation messages inilah Joomla memberitahu Anda tentang adanya pesan atau informasi penting yang perlu mendapat perhatian setelah Anda selesai melakukan upgrade atau selesai menginstal Joomla untuk pertama kali. Anda dapat mengklik tombol berlabel "Read Messages" untuk menampilkan semua pesan atau informasi untuk dilihat atau ditinjau.

Mungkin sebagian besar hanyalah pesan atau informasi yang cukup dibaca atau diketahui saja, bila perlu, dapat langsung disembunyikan dengan mengklik tombol berlabel "Hide this message" dan sebagian lainnya mungkin adalah pesan atau informasi terkait fitur atau ekstensi yang memberikan opsi kepada Anda untuk mengambil tindakan lebih lanjut.

Post-Installation Messages di CMS Joomla

Sebagai contoh, salah satu pesan atau informasi yang memberi opsi kepada Anda adalah hadirnya fitur two factor authentication. Fitur otentikasi dua faktor ini adalah sistem built-in Joomla yang mulai hadir di Joomla 3.2. Fitur ini memberikan keamanan tambahan berupa kode rahasia (secret code) saat masuk (login) ke website Joomla. Kode rahasia ini akan berubah setiap 30 detik.

Bila dilihat, pesan atau informasi two factor authentication memiliki dua tombol, selain tombol berlabel "Hide this message" terdapat juga tombol berlabel "Enable two factor authentication". Melalui tombol berlabel "Enable two factor authentication" ini, Anda dapat mengambil tindakan untuk mengaktifkan fitur two factor authentication atau tidak.

Post-Installation Messages di CMS Joomla

Selain mengklik tombol berlabel "Read Messages", Anda juga dapat menampilkan semua pesan atau informasi di post-installation messages melalui menu di panel admin Joomla. Klik menu Components (1) dan pilih submenu Post-installation Messages (2). Laman post-installation message dibagi dua, area sebelah kiri berisi pesan atau informasi terkait fitur inti atau ekstensi internal Joomla, sedangkan area sebelah kanan berisi umpan berita (newsfeed) terkait rilis Joomla.

Bila diinginkan, Anda dapat menyembunyikan Post-Installation Messages ini yaitu dengan mengklik semua tombol berlabel "Hide this message". Setelah tombol berlabel "Hide this message" terakhir diklik, akan muncul pesan seperti screenshot di bawah ini. Bila Anda mengklik tombol berlabel "Reset Message", semua pesan atau informasi dan umpan berita akan ditampikan kembali.

Post-Installation Messages di CMS Joomla

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It