Membuat Ekspresi Matematika Dengan Math Input Panel Di Window 7

Untuk Anda yang berprofesi guru atau instruktur matematika, tentu sudah terbiasa melihat lembaran kertas berisi berbagai soal matematika termasuk yang terkait dengan ekspresi matematika. Anda mungkin berfikir bahwa membuat soal persamaan matematika yang rumit menggunakan komputer itu sulit, terlebih lagi bila tidak mengetahui program atau aplikasi yang digunakan.

Untuk beberapa tahun lalu, hal ini bisa saja benar. Untuk saat ini, banyak aplikasi seperti paket Microsoft Office telah dilengkapi fitur untuk membuat ekspresi matematika. Sistem operasi Windows sendiri, dimulai dari Windows 7, juga memiliki aplikasi kecil bernama Math Input Panel untuk membuat ekspresi matematika dengan mudah.

Math Input Panel adalah aplikasi kecil yang cara pengoperasiannya menggunakan alat input seperti touch screen, external digitizer atau mouse. Membuat ekspresi matematika dengan alat input tersebut akan dikenali oleh aplikasi ini yang kemudian dapat disisipkan (insert) ke aplikasi lain seperti Microsoft Word atau Microsoft PowerPoint.

Math Input Panel memiliki beberapa tombol untuk memperbaiki kesalahan ketika membuat ekspresi matematika. Beberapa tombol tersebut adalah Write, Erase, Select and Correct, Undo, Redo dan Clear. Dengan semua tombol ini, Anda melakukan koreksi sebelum ekspresi matematika disisipkan ke aplikasi lain, misalnya Microsoft Word.

Math Input Panel ini sangat bermanfaat dan dapat meningkatkan produktivitas ketika harus membuat dokumen atau presentasi yang terkait dengan ekspresi matematika. Berikut ini adalah cara membuat ekspresi matematika dengan Math Input Panel dan menyisipkannya ke dokumen Microsoft Word:

Klit tombol Star > All Programs > Accessories > Math Input Panel.

Membuat ekspresi matematika dengan math input panel

Program aplikasi Math Input Panel dibuka.

Membuat ekspresi matematika dengan math input panel

Tulis ekspresi matematika yang ingin dibuat. Untuk sementara, abaikan hasil terjemahan program di bagian atas sampai penulisan ekspresi selesai karena Anda dapat mengubahnya kemudian. Di sini, Anda dapat melihat bahwa penulisan karakter b diterjemahkan oleh program menjadi nilai 0.

Membuat ekspresi matematika dengan math input panel

Untuk mengkoreksi nilai 0 menjadi karakter b, klik tombol Select and Correct, kemudian klik karakter b. Karakter yang diklik dan hasil terjemahan program akan berwarna merah dan Anda juga akan diberikan daftar pilihan drop-down sebagai alternatif koreksi. Bila yang diinginkan tidak ada di daftar, Anda perlu mengganti dan menulis ulang karakter b semirip mungkin dengan cara klik tombol Erase, hapus karakter b dan tulis ulang.

Membuat ekspresi matematika dengan math input panel Membuat ekspresi matematika dengan math input panel

Bila semua telah selesai dikoreksi dan didapat hasil ekspresi matematika yang diinginkan, klik tombol Insert untuk menyalin (copy) ekspresi matematika yang dibuat. Saat tombol Insert diklik, program aplikasi akan menutup otomatis. Ekspresi matematika yang dibuat ini tidak hilang dan disimpan di histori program untuk bisa digunakan di lain waktu.

Membuat ekspresi matematika dengan math input panel

Buka program aplikasi, misalnya Microsoft Word.

Membuat ekspresi matematika dengan math input panel

Sisipkan di tempat yang diinginkan di dokumen Microsoft Word. Hasil penyisipan masih dalam mode Edit sehingga Anda masih bisa mengkoreksi di dokumen tersebut.

Membuat ekspresi matematika dengan math input panel

Klik mouse di luar are edit untuk mengakhiri penyisipan ekspresi matematika di dokumen Microsoft Word.

Membuat ekspresi matematika dengan math input panel
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It