Membuat kelas turunan grafis dari kelas grafis lain di Java
Membuat Kelas Turunan Grafis Java

Pustaka kelas Java memiliki banyak sekali kelas terdefinisi dan dikelompokkan ke dalam paket. Kelas-kelas tersebut tersedia untuk bisa digunakan kembali (reusability). Anda dapat membuat obyek grafis seperti frame, check box, radio button, combo box dan yang lainnya dari kelas-kelas grafis lain yang ada dan Anda juga dapat membuat kelas baru dari kelas lain yang sudah ada.

Disinilah konsep inheritance (turunan atau pewarisan) Java berperan. Setiap tipe obyek grafis atau GUI (Graphical User Interface) telah didefinisikan dalam suatu kelas di Java seperti kelas JFrame, JButton, JTextField, JComboBox, JRadioButtom dan sebagainya. Kelas-kelas tersebut dan kelas-kelas grafis lain terdapat di paket javax.swing.

Dua contoh program sederhana berikut ini saling terkait dan memberi gambaran kepada Anda cara untuk membuat kelas turunan berpenampilan grafis dari kelas lain di Java yang juga berpenampilan grafis. Di contoh program ini, kelas grafis FramePertama adalah kelas turunan dari kelas JFrame.

Kelas JFrame masuk ke dalam kelompok kelas-kelas wadah (container classes) dimana obyek dari kelas berpenampilan grafis lain seperti kelas JButton, JTextField, JLabel, JListBox, JComboBox, JRadioButtom, JCheckBox dan lain sebagainya diletakkan. Kelas JFrame dan kelas-kelas wadah berperan penting dalam membuat program grafis Java.

// Nama file : FramePertama.java
// subclass yang merupakan turunan dari JFrame
 
// Mengimpor kelas
import javax.swing.JFrame;
 
// Deklarasi kelas
public class FramePertama extends JFrame {
 
   // Konstruktor tanpa argumen
   public FramePertama() {
      super();
   }
}

Kelas FramePertama adalah turunan langsung dari kelas JFrame yang mewarisi metoda terakses baik dari kelas JFrame maupun dari metoda superclass kelas JFrame. Beberapa metoda penting yang diwarisi oleh kelas FramePertama adalah setDefaultCloseOperation, setLocation, setVisible, setTitle dan setSize.

Baca artikel Membuat Frame Di Java Dengan Kelas JFrame

Untuk menguji kelas baru FramePertama adalah turunan kelas JFrame, Anda dapat membuat kelas DemoFramePertama. Berikut ini adalah kode program dan hasil kompilasinya:


// Nama file : DemoFramePertama.java
// Membuat obyek berpenampilan grafis (frame)
 
// Deklarasi kelas DemoFramePertama
public class DemoFramePertama {
 
   // Metoda main
   public static void main(String[ ] args) {
 
      // Membuat obyek dari kelas FramePertama
      FramePertama jendela = new FramePertama();
 
      // Mengatur properti jendela
      jendela.setTitle("Jendela Pertama");
      jendela.setSize(250, 200);
      jendela.setLocation(200, 150);
      jendela.setVisible(true);
      jendela.setDefaultCloseOperation(FramePertama.EXIT_ON_CLOSE);
   }
}
Membuat kelas grafis turunan dari kelas grafis lain di Java

FramePertama adalah turunan kelas JFrame dan mewarisi metoda dari kelas JFrame sendiri dan juga metoda superclass dari kelas JFrame. Setelah obyek dari kelas FramePertama dikonstrusi dan acuan ke obyek tersebut diberikan ke variabel acuan jendela, maka metoda instan (instance method) dapat dipanggil melalui variabel jendela.

Untuk dapat menutup frame melalui klik ikon Close yang terletak di sudut kanan atas, Anda perlu menggunakan metoda setDefaultCloseOperation(int operation) dari kelas JFrame dan memberi argumen ke parameter metoda berupa konstanta statik dengan tipe integer yaitu EXIT_ON_CLOSE.

Kelas FramePertama adalah turunan langsung kelas JFrame. Anda dapat menggunakan variabel acuan jendela atau nama kelas (kelas FramePertama) untuk mengacu atau mengakses konstanta statik. Anda dianjurkan menggunakan nama kelas untuk mengacu ke static member (konstata, data field serta metoda dengan modifier statik).

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It