Ketika Anda membeli PC (Personal Computer) atau laptop branded, biasanya akan ada kartu grafis tambahan (dedicated atau add-on graphics card) yang umumnya dari NVIDIA atau AMD. Kartu grafis tambahan biasanya dijumpai pada PC atau laptop yang memiliki spesifikasi menengah ke atas seperti PC atau laptop untuk gaming atau untuk program aplikasi yang membutuhkan pengolahan grafis tinggi seperti desain grafis atau video editing.

Meskipun prosesor komputer (computer processor) umumnya telah memiliki kartu grafis terintegrasi (integrated graphics card), namun kemampuan pengolahan grafisnya masih dianggap kurang untuk program aplikasi tersebut. Prosesor buatan Intel biasanya sudah memiliki kartu grafis terintegrasi Intel HD Graphics. Bila Anda menggunakan sistem operasi Microsoft Windows, secara default, Windows akan menggunakan kartu grafis terintegrasi.

Baca artikel:

Bila Anda bermain game atau menggunakan program aplikasi yang membutuhkan pengolahan grafis tinggi, Anda perlu beralih untuk menggunakan kartu grafis tambahan. Anda tidak akan mendapatkan performa terbaik untuk game atau progran aplikasi tersebut bila masih menggunakan kartu grafis terintegrasi. Bila PC atau laptop Anda memiliki kartu grafis tambahan seperti NVIDIA, Anda secara manual dapat menentukan program aplikasi agar menggunakan kartu grafis NVIDIA.

Semua kartu garis memiliki GPU (Graphics Processing Unit) yaitu chip yang didesain khusus untuk pemrosesan grafis tingkat tinggi, namun GPU dari kartu grafis tambahan jauh lebih bertenaga. Laptop Acer Aspire yang penulis gunakan kebetulan memiliki kartu grafis NVIDIA GeForce 820M dan penulis telah menentukan beberapa program aplikasi, salah satunya adalah Photoshop, untuk menggunakan GPU kartu grafis NVIDIA ini.

Artikel menarik lainnya:

Pastikan program aplikasi yang memerlukan pemrosesan grafis tinggi yang hanya menggunakan kartu grafis tambahan dan biarkan program lainnya tetap menggunakan kartu grafis terintegrasi. Ini dimaksudkan agar kartu grafis tambahan seperti NVIDIA tidak bekerja berlebihan dan terus menerus. Bila Anda menjalankan beberapa program aplikasi, Anda dapat mengetahui atau memeriksa program aplikasi mana yang menggunakan GPU NVIDIA:

Anda mungkin menyukai artikel Melihat Performa GPU Melalui Task Manager Windows

Klik kanan mouse di area kosong dekstop untuk menampilkan menu pintas (shortcut menu) dan kemudia pilih NVIDIA Control Panel.

Cara melihat program aplikasi yang menggunakan GPU NVIDIA

Di jendela NVIDIA Control Panel yang muncul, klik menu Desktop (1) dan kemudian tampilkan atau munculkan tanda centang di sebelah kiri Display GPU Activity Icon in Notification Area (2).

Cara melihat program aplikasi yang menggunakan GPU NVIDIA

Di Windows taskbar sebelah kanan, klik anak panah Show hidden icons (1) dan kemudian klik GPU Activity (2).

Cara melihat program aplikasi yang menggunakan GPU NVIDIA

Anda dapat memperhatikan program aplikasi Adobe Photoshop yang penulis buka terdeteksi menggunakan GPU NVIDIA.

Cara melihat program aplikasi yang menggunakan GPU NVIDIA

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It