Windows 7 mempunyai banyak fitur tersembunyi yang tidak termasuk dalam kategori standarnya (defaut). Untuk bisa menggunakan fitur-fitur tersebut, Anda perlu melakukan konfigurasi terlebih dahulu. Terkadang, fitur yang tidak termasuk dalam kategori standar justru lebih bisa membantu dan mempermudah dalam melakukan sesuatu dibandingkan dengan standar bawaan.

Salah satu fitur menarik yang jarang digunakan dan diketahui adalah proses penyeleksian file atau folder dengan kotak centang (check box). Untuk Anda yang sering menggunakan Windows Explorer, mungkin tidak menyadari bahwa Windows Explorer dapat menampilkan kotak centang di kiri nama file atau folder. Kotak centang tersebut bisa untuk menyeleksi sekaligus beberapa file atau folder lebih mudah dengan cara memberi tanda centang.

Artikel menarik lainnya:

Fitur ini dapat digunakan untuk membuka beberapa file atau dokumen sekaligus, misalnya file atau dokumen Microsoft Word. Bila menggunakan cara biasa, Anda perlu menekan tombol keyboard SHIFT atau CTRL dan kemudian memilih file atau folder. Dengan fitur ini, Anda cukup memberi tanda centang pada file atau folder tanpa harus menggunakan tombol keyboard SHIFT atau CTRL. Berikut ini adalah lcara mengaktifkan fitur tersebut:

Klik tombol Start dan ketikkan "Folder Options" di kotak pencarian (search box) Windows 7 dan kemudian tekan tombol keyboard Enter.

Menyeleksi file atau folder di Windows dengan Check Box 

Dari kotak dialog Folder Options yang muncul, pastikan Anda berada di tab View.

Menyeleksi file atau folder di Windows dengan Check Box

Di bagian Advanced setting, beri tanda centang di kotak centang (check box) berlabel Use check boxes to select items dan kemudian tekan tombol Apply dan OK.

Menyeleksi file atau folder di Windows dengan Check Box

Sebagai contoh, jalankan aplikasi Microsoft Word, buka beberapa dokumen dengan memberi tanda centang dan kemudian klik tombol Open.

Menyeleksi file atau folder di Windows dengan Check Box

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It