Cara Membuat Atau Memulai Baris Baru Di Sebuah Sel Microsoft Excel

Sangat mungkin, ketika bekerja dengan aplikasi Microsoft Excel, Anda perlu memasukkan beberapa teks yang panjang ke beberapa sel Excel. Secara default, lebar sel atau kolom Excel adalah 64 pixel atau 8.43 karakter. Bila Anda memasukkan 9 karakter atau lebih, maka ini sudah melampaui lebar sel Excel. Lalu bagaimana bila Anda memasukkan sebuah teks panjang ke sebuah sel Excel?

Bila Anda mengetik teks panjang di sel Excel, teks akan merentang ke kanan melewati batas tepi beberapa sel atau kolom Excel. Ketika Anda memasukkan teks baru di sel Excel sebelah kanan, sebagian teks panjang yang ada di sel sebelah kiri akan terpotong dan tidak ditampilkan. Solusinya, Anda dapat menggunakan fitur Wrap Text Microsoft Excel untuk menampilkan teks yang panjang di dalam sebuah sel Excel.

Fitur Wrap Text Microsoft Excel akan mengemas (wrap) teks yang panjang ke dalam sebuah sel Excel. Bila teks telah mencapai batas tepi kanan sel atau kolom Excel, teks berikutnya yang diketik akan diletakkan di bawahnya seakan-akan menjadi beberapa baris teks di dalam sebuah sel Excel. Ketika Anda mengubah lebar kolom (row height) Excel, susunan beberapa baris di sebuah sel Excel akan ikut menyesuaikan.

Baca artikel Cara Membuat Paragraf Atau Baris Baru Di Komentar Facebook

Namun terkadang, penggunaan fitur Wrap Text Microsoft Excel bukan yang Anda inginkan. Anda ingin menentukan sendiri dari bagian teks mana yang akan diletakkan di bawahnya. Misalnya, Anda ingin mengetik beberapa nama orang di dalam sebuah sel Excel dengan susunan vertikal. Bila demikian, setiap mengetik satu nama selesai, Anda perlu membuat atau memulai baris baru masih di sel Excel yang sama untuk nama yang berikutnya.

Microsoft Excel tidak menyediakan fitur berupa tombol di ribbon atau melalui menu pintas (shortcut menus) untuk membuat baris baru (new line) di sebuah sel Excel. Namun, Microsoft Excel mengakomodasi untuk membuat atau memulai baris baru (new line) di sebuah sel Excel melalui pintasan keyboard (keyboard shortcut) Alt + Enter. Berikut ini adalah cara menggunakannya:

Jalankan aplikasi Microsoft Excel dan kemudian klik atau seleksi sel A1. Sel A1 ini akan berisi beberapa nama orang yang disusun secara vertikal. Ketik nama pertama.

Membuat atau memulai baris baru (new line) di sebuah sel Microsoft Excel

Di akhir nama pertama, buat atau mulai baris baru (new line) masih di dalam sel A1 melalui pintasan keyboard Alt + Enter dengan cara menekan key atau tombol Alt dan tombol Enter secara bersama-sama.

Membuat atau memulai baris baru (new line) di sebuah sel Microsoft Excel

Sekarang, Anda dapat melihat bahwa kursor telah berada di baris baru, di bawah nama pertama masih di sel A1.

Membuat atau memulai baris baru (new line) di sebuah sel Microsoft Excel

Kemudian ketik nama kedua untuk meletakkan nama kedua di bawah nama pertama masih di sel A1. Bila Anda ingin mengetik nama ketiga dan seterusnya, ulangi langkah pembuatan baris baru (new line) dan ketik nama berikutnya.

Membuat atau memulai baris baru (new line) di sebuah sel Microsoft Excel

Bila Anda sudah memasukkan semua nama yang diinginkan di sebuah sel Excel, Tekan key atau tombol Enter untuk mengakhiri. Hasil pengetikan nama yang disusun vertikal di sebuah sel Excel dengan membuat atau memulai baris baru (new line) melalui pintasan keyboard Alt + Enter akan nampak seperti gambar di bawah ini.

Membuat atau memulai baris baru (new line) di sebuah sel Microsoft Excel
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It