Merubah aksi default drag-and-drop file dan folder di Windows

Cara Merubah Aksi Default Drag-And-Drop File Atau Folder Di Windows 10

Pernahkan Anda merasa bingung ketika melakukan drag-and-drop file atau folder dari satu lokasi (folder) ke lokasi (folder) lain di File Explorer Microsoft Windows, aksi yang terjadi terkadang menyalin (copy) file atau folder dan terkadang memindahkan (move) file atau folder tersebut. Microsoft Windows telah memiliki aksi default terkait hal ini berdasarkan lokasi (folder) sumber dan tujuan.

Aksi default Microsoft Windows terhadap aktivitas drag-and-drop file atau folder di File Explorer dapat dijelaskan sebagai berikut:

  • Ketika Anda melakukan drag-and-drop file atau folder dari lokasi (folder) di satu drive ke lokasi (folder) tujuan di drive lain, maka aksi default adalah menyalin (copy) file atau folder ke lokasi (folder) tujuan.
  • Ketika Anda melakukan drag-and-drop file atau folder dari lokasi (folder) di satu drive ke lokasi (folder) tujuan di jaringan, maka aksi default adalah menyalin (copy) file atau folder ke lokasi (folder) tujuan.
  • Ketika Anda melakukan drag-and-drop file atau folder dari atau ke CD/DVD atau Blue-ray, maka aksi default adalah menyalin (copy) file atau folder ke lokasi (folder) di media penyimpanan eksternal tersebut.
  • Ketika Anda melakukan drag-and-drop file atau folder dari satu lokasi (folder) ke lokasi (folder) tujuan di drive yang sama, maka aksi default adalah memindahkan (move) file atau folder ke lokasi (folder) tujuan.
  • Ketika Anda melakukan drag-and-drop file atau folder ke Recycle Bin, maka aksi default adalah memindahkan (move) file atau folder ke Recycle Bin.

Baca artikel Menyalin Atau Memindahkan File Dan Folder Di Windows 10 Dengan Mudah

Sekarang, Anda dapat mengetahui aksi default apa ketika melakukan drag-and-drop file atau folder dari satu lokasi (folder) ke lokasi folder) lain, apakah itu di drive yang sama atau berbeda, ke media penyimpanan eksternal atau di jaringan. Apakah aksi default ketika melakukan drag-and-drop file atau folder dapat dirubah?

Baca artikel:

Misalnya, Anda melakukan drag-and-drop file dan folder dari satu lokasi (folder) ke lokasi (folder) tujuan di drive yang sama. Anda mengetahui bahwa aksi default adalah menyalin (copy) file atau folder ke lokasi (folder) tujuan, namun Anda ingin merubah dari menyalin (copy) ke memindahkan (move) file atau folder ke lokasi (folder) tujuan.

Anda dapat merubah sementara aksi default saat melakukan drag-and-drop file atau folder di File Explorer Windows dengan menggunakan pintasan keyboard.

Untuk menyalin (copy) file atau folder ke lokasi (folder) tujuan, tekan dan tahan tombol Ctrl ketika melakukan drag-and-drop.

Merubah aksi default drag-and-drop file atau folder di File Explorer Windows

Untuk memindahkan (move) file atau folder ke lokasi (folder) tujuan, tekan dan tahan tombol keyboard Shift.

Merubah aksi default drag-and-drop file atau folder di File Explorer Windows
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It