Kelebihan Mozilla Firefox 64-bit dibandingkan dengan 32-bit

Pertengahan tahun 2014, Google menyediakan Google Chrome 64-bit yang berjalan di sistem operasi Microsoft Windows 64-bit. Google Chrome 64-bit mencoba memanfaatkan kelebihan dan kemampuan yang terdapat di Windows 64-bit. Hasil uji dengan tool pembanding, Google Chrome 64-bit memiliki kecepatan dan performa yang lebih baik. Google Chrome 64-bit juga diklaim memiliki kelebihan terkait dengan tingkat keamanan dan stabilitasnya.

Seperti tidak mau kalah dengan browser Google Chrome, browser besutan Mozilla Corporation, Mozilla Firefox juga menyediakan versi 64-bit. Pada awalnya, Mozilla tidak selalu menyediakan Mozilla Firefox 64-bit. Browser Mozilla Firefox 64-bit pertama tersedia pada akhir tahun 2015 saat rilis Mozilla Firefox 43. Mozilla kemudian terus meningkatkan versi 64-bit dan tahun berikutnya dijadikan sebagai titik pusat perkembangan browser Mozilla Firefox 64-bit.

Baca artikel:

Secara default, bila Anda menginstal browser Mozilla Firefox di Microsoft Windows 64-bit, Anda mendapatkan browser Mozilla Firefox 64-bit. Bila saat itu Anda masih menggunakan Mozilla Firefox versi 32-bit, Mozilla akan melakukan strategi migrasi untuk membuat transisi dari versi 32-bit ke 64-bit berjalan dengan mulus. Alternatif lain, Anda dapat menghapus browser Mozilla Firefox 32-bit dan kemudian menginstal Mozilla Firefox 64-bit.

Seperti Google Chrome 64-bit, Mozilla Firefox 64-bit juga memiliki performa yang lebih baik. Mozilla juga mengklaim bahwa Mozilla Firefox 64-bit jauh lebih aman dengan fitur keamanan tambahan yang disebut dengan Address Space Layout Randomization (ASLR). Seperti juga aplikasi 64-bit lainnya, Mozilla Firefox 64-bit juga mampu mengakses RAM lebih banyak dibandingkan Mozilla Firefox 32-bit sehingga dapat menurunkan crash hingga 39 persen di komputer yang memiliki 4GB RAM atau lebih.

Untuk sekarang ini sudah dapat dipastikan, bila Anda menggunakan Windows 32-bit, Anda hanya memiliki browser Mozilla Firefox 32-bit. Mozilla Firefox 64-bit tidak dapat berjalan di Windows 32-bit. Bila Anda menggunakan Windows 64-bit, Anda akan memiliki browser Mozilla Firefox 64-bit karena dimulai dari Mozilla Firefox 56 (September 2017), Mozilla melakukan upgrade otomatis ke Mozilla Firefox 64-bit.

Untuk memastikan apakah Anda menggunakan Mozilla Firefox 32-bit atau 64-bit, Anda dapat melakukan pengecekan dengan cara klik tombol Open menu (berupa ikon tiga garis horizontal) yang terletak di sudut kanan atas, kemudian pilih Help dan selanjutnya pilih About Firefox.

Kelebihan Mozilla Firefox 64-bit dibandingkan dengan 32-bit

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It

MASUKKAN EMAIL ANDA UNTUK BERLANGGANAN ARTIKEL GRATIS:

Delivered by FeedBurner