Menggunakan metoda di program Java
Menggunakan Metoda Di Program Java
Metoda merupakan kumpulan dari pernyataan yang dikelompokkan di dalam blok metoda. Eksekusi pernyataan-pernyataan ini menentukan tugas yang dilakukan oleh sebuah metoda. Metoda bisa mengembalikan nilai (nonoid return value) dan bisa juga tidak mengembalikan nilai (void return value). Untuk menggunakan sebuah metoda yang sudah ada di dalam program, metoda tersebut harus dipanggil atau diminta (invoke).

Ada dua cara memanggil metoda, tergantung apakah metoda tersebut mengembalikan nilai atau tidak. Untuk metoda yang mengembalikan nilai, memanggil metoda dapat diperlakukan sebagai nilai seperti dalam pernyataan pemberian (assignment statement). Berikut ini adalah contoh pernyataan memanggil metoda yang mengembalikan nilai:

int hasil = hitungKuadrat(5);

Pernyataan di atas memanggil metoda hitungKuadrat dan menyimpan hasil atau nilai pengembalian dari metoda tersebut ke variabel integer hasil. Contoh lain pemanggilan metoda yang diperlakukan sebagai nilai adalah sebagai berikut:

System.out.println(hitungKuadrat(5));

Pernyataan tersebut menampilkan nilai yang dikembalikan oleh metoda hitungKuadrat(5) ke baris perintah di jendela Command Prompt. Untuk metoda yang tidak mengembalikan nilai, memanggil metoda dapat diperlakukan sebagai sebuah pernyataan. Berikut ini adalah pernyataan memanggil metoda yang tidak mengembalikan nilai:

System.out.println("Selamat datang Java");

Sebenarnya metoda yang mengembalikan nilai juga dapat diperlakukan sebagai sebuah pernyataan bila pemanggil (caller) metoda tersebut mengabaikan nilai yang dihasilkan oleh metoda. Dalam banyak kasus, hendaknya memanggil metoda yang mengembalikan nilai tetap diperlakukan sebagai nilai.

Baca artikel:

Contoh program berikut ini mempunyai metoda cariMinimum yang akan mengembalikan nilai integer terkecil dari dua nilai integer yang diinput. Metoda cariMinimum mempunyai dua parameter dengan tipe integer, nilai1 dan nilai2. Salah satu dari dua parameter dengan nilai terkecil akan dikembalikan sebagai hasil operasi metoda.

 1
 2
 3
 4
 5
 6
 7
 8
 9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
// Nama file : NilaiMinimum.java
// Menampilkan nilai terkecil yang dikembalikan metoda
 
// Deklarasi kelas
public class NilaiMinimum {
 
   // Metoda main
   public static void main(String[] args) {
  
      int m = 7;
      int n = 4;
      int p = cariMinimum(m, n);
 
      System.out.println("Nilai terkecil antara " + m + " dan " +
         n + " adalah " + p);
 
   }
 
   // Deklarasi metoda cariMinimum
   public static int cariMinimum(int nilai1, int nilai2) {
 
      int hasilCari;
 
      if (nilai1 < nilai2)
         hasilCari = nilai1;
      else
         hasilCari = nilai2;
       
      return hasilCari;
    
   } // akhir blok metoda cariMinimum
 
}  // akhir dari blok kelas

Menggunakan metoda di program Java
SILAHKAN BAGIKAN ARTIKEL INI!
Pin It