Mengubah Atau Mengkonversi Dokumen Microsoft Word Ke HTML

Dokumen HTML adalah file yang berekstensi .htm atau .html dan berisi Hypertext Markup Language. Dokumen HTML merupakan dokumen teks yang akan dibaca oleh web browser dan kemudian ditampilkan di layar komputer. Untuk membuat dokumen HTML, Anda perlu menggunakan elemen-elemen HTML yang berfungsi sebagai instruksi untuk memformat dokumen.

Sekarang ini, banyak blog atau website dibuat dengan CMS seperti Joomla atau WordPress. CMS menyediakan editor WYSIWYG yang memberi kemudahan untuk membuat dokumen HTML tanpa perlu benar-benar menguasai bahasa HTML. Anda cukup mengetik teks tanpa elemen HTML dan sistem CMS yang secara otomatis akan menambahkan elemen HTML dan menyimpannya dengan ekstensi .html.

Baca artikel:

Meskipun tidak ideal untuk membuat dokumen HTML, Anda juga dapat membuat dokumen HTML dengan Microsoft Word. Tidak seperti program editor HTML, misalnya Notepad++ atau yang lain, Microsoft Word tidak memiliki fitur atau lingkungan khusus untuk membuat dokumen HTML. Namun, Anda dapat membuat dokumen HTML dari dokumen Microsoft Word.

Baca artikel:

Microsoft Word bisa menjadi cara yang cukup nyaman untuk mengubah atau mengkonversi dokumen Microsoft Word saat Anda membutuhkannya untuk blog atau website dengan cepat. Namun, ini buka solusi terbaik untuk digunakan secara berkelanjutan. Hal ini karena Microsoft Word juga menambahkan style atau tag aneh ke dokumen HTML hasil konversi dari dokumen Microsoft Word.

Style atau tag aneh ini dapat mempengaruhi seberapa bersih kode blog atau website, cara kerjanya di perangkat seluler dan seberapa cepat halaman web dimuat. Bila diperlukan, untuk menghindari style atau tag aneh, Anda dapat mengubah atau mengkonversi dokumen Microsoft Word ke dokumen HTML dengan aplikasi seperti Adobe Dreamweaver atau melalui online converter.

Berikut ini adalah cara mengubah atau mengkonversi dokumen Microsoft Word ke HTML dengan cepat:

Buka dokumen Microsoft Word atau buat dokumen baru bila belum ada untuk diubah atau dikonversi ke dokumen HTML. Klik tab File, di backstage Microsoft Word yang muncul, pilih Save As (1) dan kemudian klik Browse (2).

Mengubah atau mengkonversi dokumen Microsoft Word ke HTML

Di kotak dialog Save As yang muncul, tentukan drive atau folder (1) tempat penyimpanan, beri nama untuk file HTML (2), dari daftar tarik turun (drop-down box), pilih Web Page, Filtered (*.htm;*html) untuk Save as type (3) dan kemudian klik tombol Change Title... (4)

Mengubah atau mengkonversi dokumen Microsoft Word ke HTML

Di kotak dialog Enter Text yang muncul, ketik judul atau title (1) yang akan ditampilkan di bilah judul (title bar) dari web browser dan kemudian klik tombol OK (2) untuk mengakhiri dan menutup kotak dialog Enter Text. Kembali lagi ke kotak dialog Save As di atas, klik tombol Save (5) untuk menyimpan.

Mengubah atau mengkonversi dokumen Microsoft Word ke HTML

Sebenarnya, ada tiga pilihan untuk menyimpan, mengubah atau mengkonversi dokumen Microsoft Word ke dokumen HTML yaitu Single File Web Page, Web Page dan Web Page, Filtered. Dengan memilih Web Page, Filtered, Microsoft Word hanya menyimpan konten, instruksi untuk style (gaya) dan beberapa informasi lain. Dokumen HTML hasil konversi memiliki ukuran file kecil tanpa banyak kode tambahan.

Mengubah atau mengkonversi dokumen Microsoft Word ke HTML
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It