PDF adalah salah satu format file yang akhir-akhir ini sangat populer diantara format file lain untuk sebuah dokumen. Awalnya, format file ini adalah hak milik (proprietary) dari Adobe System yang kemudian menjadi format file standar terbuka. Format file PDF tidak bergantung pada hardware, sistem operasi dan juga aplikasi yang digunakan sehingga tetap mempunyai layout (tata letak) dan tampilan yang sama, tidak mudah berubah.

Dokumen yang tersimpan dalam format PDF sulit untuk dirubah. Anda harus menggunakan software khusus PDF untuk bisa merubahnya dan tidak semua software PDF memiliki fitur editing. Salah satu software PDF terbaik saat ini adalah Adobe Acrobat yang juga dibuat oleh Adobe System. Karena keunggulannya ini, PDF layak dipilih sebagai format file untuk menyimpan atau mendistribusikan dokumen final.

Baca artikel:

Ketika Anda menjelajahi internet, membuka halaman web (web page) dan menemukan informasi yang dicari, Anda juga dapat menyimpan halaman web tersebut ke format file PDF. Jika Anda ingin membukanya menggunakan perangkat lain seperti tablet atau smartphone, tata letak dan tampilan file PDF tidak berubah. Hampir semua web browser memiliki cara sama untuk menyimpan halaman web ke format file PDF.

Baca artikel:

Karena Google Chrome adalah web browser favorit dan paling banyak digunakan saat ini untuk menjelajah internet, berikut ini adalah cara menyimpan halaman web (web page) ke format file PDF menggunakan browser Google Chrome.

Jalankan browser Google Chrome dan buka halaman web yang ingin disimpan ke format PDF. Klik tombol Customize and control Google Chrome (1) dan dari daftar menu yang muncul, pilih Print... (2) atau gunakan kombinasi tombol keyboard Ctrl+P untuk menampilkan jendela Print.

Menyimpan halaman web (web page) ke format file PDF

Di jendela Print yang muncul, pilih Microsoft Print to PDF (1) dari kotak daftar tarik turun (drop-down box) Destination, atur parameter lain jika diperlukan (2) dan kemudin klik tombol Print (3).

Menyimpan halaman web (web page) ke format file PDF

Microsoft Print to PDF adalah fitur bawaan (built-in feature) Microsoft Windows yang memungkinkan Anda, pengguna Microsoft Windows, menyimpan dokumen ke format file PDF. Jika komputer yang Anda gunakan terinstal aplikasi Adobe Acrobat, Anda juga memiliki opsi lain yaitu Save as PDF untuk menyimpan halaman web ke format file PDF.

Di kotak dialog Save Print Output As yang muncul, tentukan folder tempat menyimpan file PDF (1), beri nama file PDF (2) dan kemudian klik tombol Save (3).

Menyimpan halaman web (web page) ke format file PDF

Note: Anda juga dapat menyimpan halaman web ke format PDF tanpa iklan atau elemen web lain yang kurang berguna seperti kolom komentar, jendela pop-up dan tombol social media share. Namun, sebelum menyimpan, Anda terlebih dahulu harus menghilangkan iklan dan elemen web tersebut. Anda dapat membaca artikel Mencetak Halaman Web (Web Page) Tanpa Iklan untuk mengetahui cara menghilangkan iklan dan elemen web dari halaman web.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It