Adobe photoshop cukup familiar di kalangan desain grafis. Bila Anda pengguna aplikasi pengolah gambar (image editing) ini, Anda tentu tidak asing dengan format file PSD (.psd). PSD adalah format file standar untuk menyimpan dokumen yang dibuat dengan Adobe Photoshop. Selain menyimpan gambar dalam format file seperti JPG, PNG dan GIF, umumnya, pengguna Adobe Photoshop juga akan menyimpan dalam format file PSD sebagai master.

Format file PSD menyimpa gambar dalam bentuk elemen-elemen spesifik Adobe Photoshop seperti layer image, layer adjustment, layer mask, annotation, file information, keyword dan sebaginya. Dengan format file PSD, Anda akan mudah melakukan perubahan gambar melalui layer atau elemen dibandingkan bila gambar sudah disimpan dalam format file seperti JPG, PNG dan GIF.

Baca artikel:

Terkadang kita akan menjumpai bahwa ukuran gambar yang telah dibuat terlalu kecil atau besar. Untuk itu, Anda perlu mengubah kembali ukuran untuk menyesuaikan. Mengubah ukuran gambar file PSD dapat berakibat hilangnya ketajaman gambar. Namun, dengan menyesuaikan pengaturan (setting) yang tepat pada fitur Adobe Photoshop, Anda dapat meminimalkan hilangnya ketajaman. Berikut ini adalah langkahnya:

Buka aplikasi Adobe Photoshop, klik menu Image (1) dan kemudian pilih Image Size (2).

Mengubah ukuran gambar PSD tanpa kehilangan kualitas

Di kotak dialog Image Size yang muncul, pastikan Anda telah memberi centang di kotak centang Resample Image (1), pilih Bicubic Smoother (best for enlargement) jika ingin memperbesar ukuran gambar file PSD atau pilih Bicubic Sharper (best for reduction) jika ingin memperkecil ukuran gambar file PSD (2), tentukan dimensi atau ukuran baru (3) dan kemudian klik tombol OK (4).

Mengubah ukuran gambar PSD tanpa kehilangan kualitas
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It