Ini terjadi cukup lama ketika saya menjadi anggota kelompok kerja (pokja) yang dibentuk jaringan perusahaan tempat saya bekerja. Saat itu, saya diminta mengambil sendiri data yang saya perlukan di laptop teman. Ketika membuka File Explorer, saya mendapati semua drive hanya menggunakan label, tanpa drive letter seperti C:, D:, E: dan sebagainya. Saat itu hanya ada Local Disk, Backup, Data Penting dan Data.

Saya sempat menanyakan tempat penyimpanan data dan dijawab di E:. Sesaat, dia baru menyadari kalau semua drive di komputernya tanpa drive letter dan kemudian kembali mengatakan di Data Penting. Menyembunyikan drive letter di Microsoft Windows mudah dilakukan. Windows sendiri menyediakan fitur untuk maksud ini. Namun, pastikan Anda mengenali semua label drive dan tahu file dan folder yang terdapat di dalamnya sebelum menyembunyikan drive letter.

Baca artikel terkait:

Drive letter sendiri adalah karakter alfabet tunggal dari A sampai Z yang diberikan ke drive fisik atau drive partisi oleh Windows. Meskipun banyak pengguna Windows tetap membiarkan drive letter ini ada di semua drive bersama dengan label, namun Anda bisa sesekali menggunakan File Explorer tanpa drive letter. Berikut ini adalah cara menyembunyikan atau menampilkan drive letter di Microsoft Windows.

Artikel menarik lainnya:

Jalankan atau buka File Explorer. Ada beberapa cara menjalankan atau membuka File Explorer. Anda dapat mempelajari berbagai cara membuka File Explorer di tautan artikel di bawah ini. Di contoh ini, Anda dapat melihat ada tiga drive letter yaitu C:, D: dan E:. Drive letter yang ada di dalam tanda kurung setelah label drive ini akan disembunyikan sehingga hanya menyisakan label drive saja.

Baca artikel Beberapa Cara Mengakses Atau Menjalankan File Explorer Di Microsoft Windows 10

Cara menyembunyikan atau menampilkan drive letter di Windows

Masih di File Explorer, pastikan Anda berada di tab View (1) dan kemudian klik tombol Option (2) untuk menampilkan kotak dialog Folder Options. Ini adalah salah satu cara membuka Foder Options atau File Explorer Opstions. Ada dapat mempelajari cara membuka kotak dialog Foder Options atau File Explorer Opstions di artikel Beberapa Cara Membuka Folder Options Atau File Explorer Options Di Windows.

Cara menyembunyikan atau menampilkan drive letter di Windows

Di kotak dialog Foder Options yang muncul, pastikan Anda berada di tab View, di bagian Advanced settings, hilangkan tanda centa dari kotak centang (check box) Show drive letters (2), klik tombol Apply (3) dan kemudian tombol OK (4).

Cara menyembunyikan atau menampilkan drive letter di Windows

Anda sekarang dapat kembali ke jendela File Explorer untuk melihat bahwa semua drive letter telah disembunyikan dari tampilan. Anda perlu melakukan restart komputer agar drive letter yang ada di bilah paling kiri juga disembunyikan.

Cara menyembunyikan atau menampilkan drive letter di Windows

Untuk menampilkan kembali semua drive letter yang disembunyikan, ulangi langkah di atas dan beri tanda centang kembali di kotak centang (check box) Show drive letters.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It