Cara Memasukkan Gambar Ke Dalam Teks Di Microsoft PowerPoint

Microsoft PowerPoint adalah salah satu aplikasi di Microsoft Office Suite khusus untuk membuat presentasi. Ketika membuat presentasi, Anda perlu ingat bahwa presentasi lebih menekankan pada aspek visual kuat. Gambar, foto dan grafik umumnya sudah memiliki visual bawaan, sedangkan shape dan teks perlu diformat untuk mendapatkan tampilan visual yang lebih baik.

Ketika menggunakan teks di slide presentasi, teks biasanya akan diformat dengan warna atau gradien warna, diberi garis tepi (border) atau efek 3D. Ini adalah pemformatan yang umumnya dilakukan untuk teks. Versi Microsoft PowerPoint yang lebih baru memiliki fitur pemformatan yang lebih lengkap. Anda juga dapat memformat teks menjadi lebih menarik lagi, tidak dengan warna biasa, melainkan dengan warna gambar.

Baca artikel:

Di versi Microsoft PowerPoint yang lebih baru sudah ada fitur untuk mengkombinasikan gambar dengan teks. Artinya, Anda dapat menggunakan gambar sebagai warna teks. Menggunakan gambar sebagai warna teks dapat menarik perhatian lebih ke slide atau teks individu. Presentasi yang dibuat secara keseluruhan juga lebih bagus dan profesional.

Baca artikel:

Untuk mendapatkan visual yang kuat pada teks, gunakan jenis font tebal dengan jarak rapat untuk teks dan gambar dengan warna pekat. Menggunakan jenis font tipis dengan jarak lebar dan gambar dengan warna samar akan menghasilkan teks dengan visual yang kurang kuat. Teks yang demikian kurang atau tidak cocok digunakan di slide presentasi.

Untuk memasukkan gambar ke dalam teks di Microsoft PowerPoint, Anda menggunakan tombol Text Fill di ribbon. Berikut ini adalah cara untuk memasukkan gambar ke dalam teks untuk menggunakan warna gambar sebagai warna teks:

Buka atau jalankan aplikasi Microsoft PowerPoint, sisipkan obyek Text Box dan ketik teks yang diinginkan. Format teks dengan jenis font tebal, misalnya Impact dan kemudian atur ukuran font seperti gambar di bawah ini.

Memasukkan gambar ke dalam teks di Microsoft PowerPoint

Untuk memasukkan gambar ke dalam teks, sorot atau seleksi terlebih dahulu teks di Text Box.

Memasukkan gambar ke dalam teks di Microsoft PowerPoint

Ketika teks disorot atau diseleksi, di ribbon Microsoft PowerPoint akan muncul Drawing Tools (1) dengan tab Format. Klik tab Format (2), di kelompok WordArt Styles (3), klik tombol Text Fill (4) dan dari menu tarik turun yang muncul, pilih atau klik Picture... (5).

Memasukkan gambar ke dalam teks di Microsoft PowerPoint

Di jendela Insert Pictures yang muncul, klik From a File (Browse files on your computer or local network).

Memasukkan gambar ke dalam teks di Microsoft PowerPoint

Di kotak dialog Insert Picture yang muncul, tentukan drive atau folder penyimpanan gambar (1), pilih gambar yang akan dijadikan warna teks (2) dan kemudian klik tombol Insert (3).

Memasukkan gambar ke dalam teks di Microsoft PowerPoint

Sekarang, Anda dapat memperhatikan hasilnya bahwa teks kini telah menggunakan warna dari gambar yang Anda tentukan sebelumnya.

Memasukkan gambar ke dalam teks di Microsoft PowerPoint
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It