Layer adalah bagian paling penting dari proses pengeditan grafis di aplikasi image editing Adobe Photoshop. Semua proyek desain grafis Adobe Photoshop sudah pasti menggunakan layer. Setiap Anda membuat dokumen baru di Photoshop, akan dibuat layer baru. Setiap Anda membuka file gambar di Photoshop, gambar akan diletakkan di layer. Layer sendiri adalah lapisan transparan tempat berbagai obyek diletakkan.

Penggunaan layer dalam teknik pengeditan gambar di Photoshop memberikan kemudahan kepada Anda. Dengan layer, Anda mengedit gambar secara terpisah tanpa mempengaruhi gambar lainnya, berbeda apabila mengedit dengan semua yang ada di gambar sekaligus. Bagian manapun dari layer yang tidak berisi gambar akan nampak transparan. Anda dapat menumpuk, menggabungkan atau menetapkan layer saat membuat gambar digital.

Baca artikel: 2 Cara Menyembunyikan Layer Di Adobe Photoshop

Ketika sedang bekerja dengan Adobe Photoshop, terkadang Anda perlu untuk membuat salinan dari salah satu layer. Anda mungkin ingin memodifikasi salinan layer tanpa merubah layer aslinya atau ingin membuat duplikasi layer untuk maksud lainnya. Photoshop membolehkan Anda untuk menduplikasi layer. Ada beberapa cara menduplikasi layer di Adobe Photoshop.

1. Pintasan keyboard CTRL+J.

Pintasan keyboard ini adalah cara yang termudah dan tercepat untuk menduplikasi layer di Adobe Photoshop. Anda cukup menyeleksi layer yang ingin diduplikasi dan kemudian menekan kombinasi tombol keyboard CTRL+J. Salinan layer langsung dibuat.

2. Menu pintas.

Klik kanan pada layer yang telah diseleksi untuk menampilkan menu pintas (shortcut menus) dan kemudian pilih Duplicate Layer...

Cara menduplikasi layer di Adobe Photoshop

3. Tombol layer options.

Seleksi terlebih dahulu layer yang ingin diduplikasi, klik ikon layer options (1) yang terletak di sudut kanan atas palet layer dan kemudian pilih Duplicate Layer... (2).

Cara menduplikasi layer di Adobe Photoshop

4. Pintasan keyboard CTRL+ALT dan dragging.

Tekan kombinasi tombol keyboard CTRL+ALT, seleksi terlebih dahulu layer yang akan diduplikasi, seret atau gerakkan layer ke area kosong dari palet Layer dan kemudian lepaskan. Salinan layer langsung dibuat.

5. Teknik dragging ke ikon Create a new layer.

Seleksi layer yang akan diduplikasi, seret atau gerakkan ke arah ikon (icon) Create a new layer yang ada di bagian bawah. Salinan layer langsung dibuat.

Cara menduplikasi layer di Adobe Photoshop

6. Menu Layer Adobe Photoshop.

Seleksi terlebih dahulu layer yang akan diduplikasi, klik pada menu Layer (1) dan kemudian pilih submenu Duplicate Layer... (2).

Cara menduplikasi layer di Adobe Photoshop

7. Menu pintas ketika di Lasso Tool atau Marquee Tool.

Bila Marguee Tool atau Lasso Tool aktif, klik kanan pada kanvas untuk menampilkan menu pintas (shortcut menu) dan kemudian pilih Duplicate Layer...

Cara menduplikasi layer di Adobe Photoshop

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It