Apa yang terjadi ketika Anda melepar batu kecil ke permukaan air yang tenang? Akan muncul riak air kecil dari pusat dimana batu menyentuh air. Semakin besar batu yang dilempar akan semakin besar dan luas riak air yang dihasilkan. Adobe Photoshop memiliki fitur ZigZag yang bisa digunakan untuk menghasilkan efek riak air seperti ketika Anda melempar batu di permukaan air tenang.

Misalnya, Anda mempunyai sebuah gambar kolam ikan yang airnya tenang, tidak ada riak air. Anda kemudian ingin mengedit gambar tersebut seakan-akan ada riak air di gambar kolam ikan. Anda dapat menggunakan fitur ZigZag Adobe Photoshop dengan pilihan style (gaya) Pond Ripples (kolam beriak). Fitur ZigZag dapat digunakan dengan mudah karena tidak banyak pengaturan parameter lainnya. Berikut ini adalah caranya:

Baca artikel:

Jalankan aplikasi Adobe Photoshop terlebih dahulu dan buka gambar yang akan diberi efek riak air. Gunakan Elliptical Marquee Tool untuk membuat seleksi berbentuk bulat panjang (elliptical) pada gambar dimana efek riak air akan ditambahkan.

Membuat efek riak air dengan fitur ZigZag Adobe Photoshop

Klik menu Filter (1), kemudian submenu Distort (2) dan selanjutnya pilih ZigZag... (3).

Membuat efek riak air dengan fitur ZigZag Adobe Photoshop

Di kotak dialog ZigZag yang muncul, pilih Pond Ripples dari kotak daftar tarik turun (drop-down box) Style (1) dan kemudian atur nilai untuk slider Amount dan Ridges (2) atau ikuti gambar. Anda dapat melihat perubahan nilai parameter Amount dan Ridges pada preview. Bila sudah sesuai, klik tombol OK (3) untuk mengakhiri.

Membuat efek riak air dengan fitur ZigZag Adobe Photoshop

Sekarang dapat diperhatikan gambar kolam ikan sudah memiliki efek riak air atau gelombang kecil.

Membuat efek riak air dengan fitur ZigZag Adobe Photoshop

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It