Adobe Photoshop adalah salah satu aplikasi pengolah gambar (image editing app) buatan Adobe Inc. Sebagai aplikasi pengolah gambar, Adobe Photoshop memerlukan syarat sistem di atas rata-rata, khususnya untuk prosesor, RAM, resolusi monitor dan juga kartu grafis (graphics card). Bila Anda menginstal Adobe Photoshop di komputer dengan spesifikasi dibawah minimum syarat system, Adobe Photoshop mungkin akan berjalan kurang baik.

Umumnya, laptop atau PC saat ini sudah dilengkapi kartu grafis yang terintegrasi dengan prosesor. Kartu grafis semacam ini disebut dengan kartu grafis terintegrasi (integrated graphics card) dan berbentuk chip. Kartu grafis terintegrasi memiliki kemampuan mengolah grafis yang terbatas. Bila Anda membeli laptop atau PC branded dengan spesifikasi tinggi, biasanya terdapat kartu grafis tambahan (dedicated graphics card).

Baca artikel Mengenal Kartu Grafis (Graphics Card) Komputer

Kartu grafis tambahan memiliki kemampuan mengolah grafis yang jauh lebih baik dibandingkan kartu grafis terintegrasi. Laptop atau PC dengan kartu grafis tambahakan cocok untuk aplikasi berat seperti image editing, video editing atau game. Secara default, Microsoft Windows menggunakan kartu grafis terintegrasi. Bila Anda ingin aplikasi tertentu menggunakan kartu grafis tambahan, Anda perlu mengaturnya secara manual.

Baca artikel Cara Mengetahui Kartu Grafis (Graphics Card) Yang Terpasang Di Komputer

Bila Anda merasa performa Adobe Photoshop kurang bagus sedang laptop atau PC memiliki kartu grafis tambahan yang didukung, Anda perlu memeriksa apakah Adobe Photohop menggunakan kartu grafis terintegrasi atau kartu grafis tambahan. Bila ternyata Adobe Photoshop menggunakan kartu grafis terintegrasi, Anda perlu mengatur secara manual agar Adobe Photoshop menggunakan kartu grafis tambahan.

Anda dapat membaca artikel Menentukan Dan Mengatur Kartu Grafis Utama Di Komputer Windows tentang cara mengatur agar Adobe Photoshop menggunakan kartu grafis tambahan (dedicated graphics card). Bila Laptop atau PC menggunakan kartu grafis NVidia, mungkin pengaturan manual akan berbeda. Berikut ini adalah cara memeriksa apakah Adobe Photoshop menggunakan kartu grafis terintegrasi (integrated graphics card) atau kartu grafis tambahan (dedicated graphics card):

Jalankan atau buka aplikasi Adobe Photoshop, di contoh ini menggunakan Adobe Photoshop CS6, dan kemudian klik menu Edit.

Memeriksa apakah Photoshop menggunakan kartu grafis terintegrasi atau kartu grafis tambahan

Di daftar menu yang muncul, pilih menu Preferences (1) dan kemudian submenu Performance... (2) untuk menampilkan kotak dialog Preferences.

Memeriksa apakah Photoshop menggunakan kartu grafis terintegrasi atau kartu grafis tambahan

Di kotak dialog Preferences yang muncul, perhatikan bahwa Anda sudah berada di tab Performance (1). Di bagian Graphics Processor Settings (2), dapat dilihat bahwa Adobe Photoshop menggunakan kartu grafis tambahan (dedicated graphics card) NVIDIA GeForce 820M.

Memeriksa apakah Photoshop menggunakan kartu grafis terintegrasi atau kartu grafis tambahan

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It