Sebuah tema (theme) CMS Wordpress dapat didefinisikan sebagai koleksi dari file-file yang bekerja bersama untuk menghasilkan antar muka (interface) grafis dengan desain menyatu untuk website Wordpress. Saat artikel ini ditulis, versi Wordpress terbaru adalah Wordpress 3.5.1. Ketika Wordpress versi tersebut diinstal, Anda mendapatkan dua tema bawaan yaitu Twenty Twelve dan Twenty Eleven.

Secara default, tema yang digunakan atau yang aktif di WordPress adalah Twenty Twelve. Tema bawaan Wordpress dapat dikatakan biasa dan kurang menarik. Namun demikian, Anda tidak harus menggunakan salah satu tema tersebut. Anda dapat mencari tema-tema lain yang gratis atau berbayar dan kemudian memasangnya (install) di sistem Wordpress Anda.

wordpress.org menyediakan banyak pilihan tema gratis. Melalui backend (Dashboard) WordPress, Anda dapat mencari dan menemukan tema yang sesuai keinginan. Bila tema di wordpress.org belum cukup, Anda dapat mencari di internet untuk mendapatkan tema-tema Wordpress dari situs-situs penyedia. Untuk menggunakan tema, Anda harus menginstal dan diaktifkan terlebih dahulu ke sistem Wordpress.

Berikut ini adalah cara untuk menginstal dan mengaktifkan tema Wordpress yang diperoleh dari wordpress.org:

Masuk terlebih dahulu di area backend Wordpress (Dashboard), klik menu Appearance > Themes.

Memasang (install) dan mengaktifkan tema (theme) Wordpress

Pastikan Anda berada di tab Install Themes. Anda dapat menggunakan kotak search untuk mencari tema yang diinginkan dengan mengetikkan kata kunci (misalnya "cold and white themes") dan kemudian klik tombol Search.

Memasang (install) dan mengaktifkan tema (theme) Wordpress

Daftar tema yang identik dengan kata kunci pencarian akan ditampilkan. Lihat semua untuk memastikan salah satunya adalah tema yang Anda inginkan. Anda dapat menginstal langsung tema tersebut dengan mengklik link Install Now di bagian bawah tema yang dipilih. Dianjurkan Anda mengklik link Preview untuk melihat tampilan tema secara live untuk memastikan pilihan Anda.

Memasang (install) dan mengaktifkan tema (theme) Wordpress

Apabila Anda mengklik link Prevew, di area sebelah kiri terdapat tombol Install, versi tema yang dipilih dan sedikit informasi tentang tema tersebut. Di area sebelah kanan adalah tampilan live tema yang akan Anda gunakan. Klik tombol Install untuk mulai menginstal tema yang telah dipilih.

Memasang (install) dan mengaktifkan tema (theme) Wordpress

Apabila proses instalasi tema berjalan dengan lancar, saat selesai, Anda akan mendapatkan informasi bahwa tema telah diinstal dengan sukses. Untuk mengaktifkan tema agar mulai dapat digunakan, klik link (tautan) Activate yang berada di posisi bawah.

Memasang (install) dan mengaktifkan tema (theme) Wordpress
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It