Mozilla Firefox adalah salah satu browser yang banyak digunakan setelah browser Google Chrome. Terlebih lagi setelah Mozilla melakukan update terbesar browser ini ke Firefox Quantum, pengguna browser Mozilla Firefox terus tumbuh. Di browser Firefox Quantum, Mozilla benar-benar melalukan tiga perubahan utama yaitu peningkatan kecepatan, penggunaan memori yang lebih sedikit dan modifikasi antarmuka (interface).

Secara standar, browser Mozilla Firefox memiliki tiga tema yang sudah terinstal yaitu Default, Light dan Dark. Bila Anda belum pernah merubah pengaturan tema, secara standar, browser Mozilla Firefox menggunakan tema Default. Tema Default ini dapat mengikuti pengaturan tema di Windows. Misalnya, bila Anda merubah warna bilah judul (title bar) di Windows, browser Mozilla Firefox akan menggunakan bilah judul berwarna untuk tema Default.

Baca artikel Tema Gelap (Dark Theme) Windows 10 Anniversary Update

Sekarang ini banyak aplikasi dekstop maupun aplikasi web yang menyediakan mode tema gelap. Implementasi mode tema gelap pada aplikasi bisa dalam bentuk fitur bawaan (built-in feature) atau melalui pemasangan ekstensi. Mode tema gelap juga bisa meliputi keseluruhan antarmuka (interface) atau hanya bagian-bagian tertentu saja seperti bilah judul (title bar), menu browser dan bagian-bagian lainnya.

Blog ini memiliki beberapa artikel yang membahas mode tema gelap (dark theme mode) untuk beberapa aplikasi seperti mode tema gelap Youtube, mode tema gelap File Explorer, mode tema gelap aplikasi-aplikasi Windows, mode tema gelap browser Google Chrome dan juga mode tema gelap browser Microsoft Edge. Anda juga dapat menemukan artikel-artikel tersebut melalui kotak pencarian (search box) yang ada di sudut kanan atas dengan kata kunci "dark mode".

Artikel kali ini adalah tentang cara mengaktifkan mode tema gelap (dark theme mode) di browser Mozilla Firefox. Mode tema gelap di browser Mozilla Firefox tidak berlaku menyeluruh. Tampilkan di bagian halaman web akan mengikuti warna asli halaman web dan tidak akan berubah. Bila Anda pengguna setia browser Mozilla Firefox dan ingin memanfaatkan mode tema gelap yang tersedia, berikut ini adalah cara mengaktifkannya:

Jalankan atau buka browser Mozilla Firefox, klik tombol Open menus (1) yang ada di sudut kanan atas dan kemudian pilih Add-ons (2).

Mengaktifkan mode tema gelap di browser Mozilla Firefox

Di laman Add-ons Manager yang muncul, pastikan Anda memilih tab Themes (1), untuk mengganti tema dari tema Default ke tema gelap (Dark), klik tombol Enabel (2) dari tema Dark.

Mengaktifkan mode tema gelap di browser Mozilla Firefox

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It