Anda mungkin berfikir bahwa menempatkan dan menyusun obyek seperti gambar (pictures), clip art, bentuk (shapes), smartart, grafik (chart) dan lain sebagainya di Microsoft Excel akan lebih mudah dibandingkan di Microsoft Word. Microsoft Excel adalah aplikasi spreadsheet yang lembar kerjanya terdiri dari baris dan kolom. Perpotongan garis dan kolom akan membentuk grid atau gridline. Grid atau gridlines di Microsoft Excel membantu meletakkan obyek-obyek tersebut lebih rapi dan presisi.

Microsoft Word adalah aplikasi pengolah kata (word processor) untuk membuat dokumen teks. Area kerja microsoft Word tidak dalam bentuk grid, namun polos berwarna putih. Anda tentu akan kesulitan meletakkan dan menyusun obyek di Microsoft Word dengan presisi yang tinggi. Namun, meletakkan obyek di dokumen Microsoft Word adalah hal yang biasa dilakukan ketika dokumen memerlukan gambar, clip art, bentuk, smartart, bagan atau grafik (chart) sebagai obyek pendukung.

Artikel menarik lainnya:

Sebenarnya, Microsoft Word sendiri juga memiliki fitur Gridlines untuk membatu meletakkan dan menyusun obyek-obyek di dokumen dengan lebih presisi. Fitur ini secara default dinonaktifkan, namun Anda bisa mengaktifkan bila memang diperlukan. Gridlines juga mempunyai pengaturan (setting) sendiri misalnya bila Anda ingin meruba spasi horisontal dan vertikal. Untuk menampilkan gridlines di Microsoft Word, berikut ini adalah caranya:

Anda mungkin menyukai artikel ini:

Jalankan dulu aplikasi Microsoft Word, pastikan Anda berada di tab View (1), di area sebelah kiri, beri tanda centang di kotak centang (check box) berlabel Gridlines (2). Ini adalah cara yang paling mudah dan sederhana.

Cara menampilkan gridlines di dokumen Microsoft Word

Anda juga dapat menampilkan gridline di Microsoft Word dengan cara lain. Pastikan Anda berada di tab Layout, di area sebelah kanan, klik tombol Align (1) dan kemudian pilih View Gridlines (2).

Cara menampilkan gridlines di dokumen Microsoft Word

Sekarang, gridlines telah ditampilkan di dokumen Microsoft Word. Anda dapat dengan mudah meletakkan dan menyusun obyek di dalam dokumen Microsoft Word lebih presisi dengan bantuan gridlines tersebut.

Cara menampilkan gridlines di dokumen Microsoft Word

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It

MASUKKAN EMAIL ANDA UNTUK BERLANGGANAN ARTIKEL GRATIS:

Delivered by FeedBurner