Sebagaimana kita ketahui bahwa Microsoft Windows juga memiliki aplikasi bawaannya sendiri (built-in apps). Aplikasi-aplikasi seperti Notepad, Command Prompt, Paint 3D, Photo dan Weather adalah beberapa contoh aplikasi bawaan Windows. Sebagian aplikasi adalah aplikasi baru yang mulai ada di versi Windows saat ini dan sebagian lainnya adalah aplikasi lama yang tetap disertakan dan telah diberi sentuhan baru.

Salah satu apliksi yang sudah ada sejak lama di versi-versi Windows sebelumnya adalah aplikasi Calculator. Aplikasi Calculator saat itu masih memiliki fitur dasar dengan tampilan grafis sederhana. Kini, di Windows 10, aplikasi Calculator mempunyai tampilan baru dengan fitur yang ditingkatkan. Namun demikian, sampai versi Windows 10 Creators Update, aplikasi Calculator belum memiliki fitur konversi mata uang (Currency converter).

Di setiap update utama (major update) Windows 10, Microsoft terus menerima umpan balik (feedback) dari pengguna. Salah satu umpan balik yang banyak diterima adalah permintaan tersedianya fitur atau aplikasi konversi mata uang di Windows 10. Di utama berikutnya, Windows 10 Fall Creators Update, Microsoft akhirnya menjawab permintaan tersebut dengan menghadirkan fitur konversi mata uang yang menjadi bagian dari aplikasi Calculator.

Anda dapat menggunakan fitur konversi mata uang di aplikasi Calculator bila telah update ke Windows 10 Fall Creators Update. Alternatif lain adalah Anda dapat mengunduh Windows Calculator versi terbaru dari Microsoft Store untuk bisa menggunakan fitur ini. Dengan hadirnya fitur konversi mata uang di aplikasi Calculator, Anda tidak perlu lagi menginstal ekstensi atau aplikasi dari pihak ketiga.

Anda dapat menjalankan aplikasi Calculator melalui kotak pencarian di Cortana dengan mengetikkan "calculator" atau Anda dapat mengakses melalui daftar aplikasi atau program dari Start menu. Ketika aplikasi Calculator sudah terbuka, klik tombol dengan tiga garis horisontal (1) yang ada di sudut kiri atas untuk menampilkan daftar menu dan di bagian Converter, pilih Currency (2).

Mengkonversi mata uang dengan Windows Calculator

Untuk menggunakan fitur konversi mata uang, tentukan mata uang asal (1) dan mata uang tujuan konversi (2). Karena nilai tukar berfluktuatif setiap hari, pastikan Anda telah online dan kemudian klik Update rates (3) untuk memperbarui nilai tukar yang berlaku saat itu, ketikkan nominal yang ingin dikonversi melalui tombol angka dan Anda Anda langsung mendapatkan nilai konversi.

Mengkonversi mata uang dengan Windows Calculator

Sebenarnya, fitur Currency di aplikasi Calculator juga dapat digunakan secara offline. Namun untuk mendapatkan keakuratan konversi, ketika online, Anda terlebi dahulu perlu mengklik Update rates untuk memperbarui nilai tukar dan kemudian dapat menggunakan secara offline dengan memakai konversi nilai tukar yang telah diperbarui.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It