Blog awalnya adalah media untuk menuangkan ide, gagasan, pengalaman dan pengetahauan dalam bentuk tulisan yang dipublikasikan secara online. Sebelum ada periklanan digital, blog hanya berisi konten atau artikel yang terdiri dari teks dan gambar dengan tampilan sederhana. Setelah periklanan digital berkembang, blog mulai dimonetasi untuk menghasilkan uang. Sekarang ini, saat menjelajah internet dan membuka halaman web, Anda akan mendapati iklan diantara konten atau artikel blog.

Internet adalah perpustakaan digital terbesar di dunia. Internet memiliki banyak informasi dengan beragam tema. Hampir bisa dipastikan, informasi yang Anda cari dapat ditemukan di internet. Ketika Anda membuka sebuah halaman web, terkadang Anda tidak cukup hanya dengan membacanya atau menyimpannya di web browser sebagai bookmark, sesekali Anda juga ingin mencetak halaman web berisi informasi tersebut.

Ketika Anda mencetak halaman web, iklan dan elemen web lain yang kurang berguna seperti kolom komentar, sidebar dan tombol sosial media akan ikut tercetak, sedangkan Anda hanya bermaksud ingin mencetak teks dan gambar artikel saja. Jika iklan, kolom komentar, sidebar dan elemen web lain ikut tercetak, dipastikan menjadi pemborosan tinta dan kertas cetak, terlebih lagi bila Anda juga ingin mencetak halaman web lain.

Baca artikel Mencetak Hanya Teks Yang Diseleksi Atau Disorot Dari Halaman Web (Web Page)

Sebenarnya, ada cara mencetak halaman web tanpa iklan, kolom komentar, sidebar dan elemen web lain. Anda dapat mencetak hanya teks dan gambar artikel sehingga lebih menghemat tinta, kertas dan waktu cetak. Anda bisa menggunakan "Reading mode" yang ada di setiap browser. Ketika mode ini digunakan, browser membuat tampilan khusus yang hanya terdiri dari teks dan gambar artikel.

Baca artikel Mencetak Dokumen Microsoft Word Dimulai Dari Halaman Terakhir

Tujuan dari Reading mode adalah ketika Anda membuka halaman web dan membaca artikel, Anda bisa fokus pada kontennya saja dengan menghilangkan iklan, jendela pop-up, kolom komentar dan elemen web lain yang kurang berguna. Ketika Reading mode aktif, Anda masih tetap dapat mencetak halaman web sehingga hasil cetakan juga hanya terdiri dari teks dan gambar artikel.

Sebelum mencetak halaman web tanpa iklan dan elemen web lain yang kurang berguna, Anda harus mengaktifkan terlebih dahulu Reading mode untuk halaman yang ingin dicetak. Berikut ini adalah caranya di browser Google Chrome, Mozilla Firefox dan Microsoft Edge:

1. Browser Google Chrome.

Di browser Google Chrome, Reading mode tepatnya bernama Reader mode. Reader mode masih dalam tahap pengembangan. Mode masih tersembunyi, belum menjadi fitur resmi yang dapat diakses melalui antarmuka (user interface) Google Chrome dan secara default nonaktif. Namun, bila Anda telah menggunakan Google Chrome versi 75.0 atau versi di atasnya, Anda dapat mengaktifkan dan menggunakan mode ini (baca artikel Reader Mode Browser Google Chrome).

Setelah Reader mode di browser Google Chrome diaktifkan, buka halaman web yang ingin dicetak, klik tombol Customize and control Google Chrome (1) yang ada di sudut kanan atas dan kemudian pilih Distill page (2). Untuk mencetak halaman web, gunakan kombinasi tombol keyboard CTRL+P.

Mencetak halaman web (web page) tanpa iklan

2. Browser Mozilla Firefox.

Di browser Mozilla Firefox, Reading mode bernama Reader view. Untuk mencetak halaman web tanpa iklan dan elemen web lain yang kurang berguna, buka terlebih dahulu halaman web yang ingin dicetak, klik tombol Toggle reader view (F9) dan kemudian gunakan kombinasi tombol keyboard CTRL+P untuk mencetak.

Baca artikel Menampilkan Print Preview Di Browser Mozilla Firefox

Mencetak halaman web (web page) tanpa iklan

3. Browser Microsoft Edge.

Di browser Microsoft Edge, Reading mode bernama Reading view. Untuk mencetak halaman web tanpa iklan dan elemen web lain yang kurang berguna, buka terlebih dahulu halaman web yang ingin dicetak, klik ikon Reading view (Ctrl+Shift+R) dan kemudian gunakan kombinasi tombol keyboard CTRL+P untuk mencetak.

Baca artikel:

Mencetak halaman web (web page) tanpa iklan
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It