Micrososft Word adalah aplikasi perkantoran khusus untuk pengolah kata (word processor) yang paling banyak digunakan saat ini. Aplikasi ini menjadi pilihan karena mudah digunakan dan banyaknya pengguna yang sudah terbiasa dengan lingkungan grafisnya. Microsoft Word mulai dikenal saat paket Microsoft Office 3.0 pertama kali diluncurkan pada Agustus 1992 oleh perusahaan software raksasa Microsoft. Versi terbaru paket aplikasi perkantoran keluaran Microsoft saat ini adalah Microsoft Office 2016.

Salah satu fitur penting aplikasi ini adalah proteksi file. Di Microsoft Word, Anda dapat memproteksi dokumen yang dibuat dengan password sehingga hanya orang yang mengetahui password yang dapat membukan dan atau memodifikasi dokumen. Fitur penting ini berguna khususnya untuk dokumen yang bersifat rahasia atau yang hanya ditujukan untuk orang tertentu saja sehingga akan aman dari akses orang yang tidak bertanggung-jawab. Untuk memproteksi dokumen Microsoft Word, berikut ini adalah caranya:

Buat dokumen baru dengan Microsoft Word atau buka dokumen yang belum diproteksi, klik menu File yang terletak di sudut kiri atas, dari backstage Microsoft Word yang muncul, pilih Save As.

Memproteksi dokumen Microsoft Word dengan password

Di kotak dialog Save As yang muncul, tentukan direktori atau folder penyimpanan file (1), beri nama file untuk dokumen (2), klik anak panah dari tombol Tools (3) dan dari daftar pilihan yang muncul, pilih General Options... (4).

Memproteksi dokumen Microsoft Word dengan password

Di kotak dialog General Options yang muncul, beri password untuk membuka dokumen (1), kemudian password untuk memodifikasi dokumen (2) dan kemudian akhiri dengan mengklik tombol OK (3).

Memproteksi dokumen Microsoft Word dengan password

Di kotak dialog Confirm Password yang muncul, ulangi penulisan password untuk membuka dokumen (1) dan kemudian klik tombol OK (2).

Memproteksi dokumen Microsoft Word dengan password

Di kotak dialog Confirm Password yang muncul, ulangi penulisan password untuk memodifikasi dokumen (1) dan kemudian klik tombol OK (2).

Memproteksi dokumen Microsoft Word dengan password

Sekarang dokumen Microsoft Word Anda telah terproteksi password. Anda dapat mencobanya dengan menutup dokumen tersebut terlebih dahulu dan kemudian membukanya kembali. Sebelum dokumen tersebut terbuka, Anda akan diminta memasukkan password untuk membuka dan memodifikasi dokumen tersebut.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It