PDF (Portable Document Format) adalah format file yang dikembangkan oleh Adobe System. Awalnya, format file ini adalah hak milik dari Adobe System, namun pada tahun 2008, Adobe System melepasnya sebagai format file standar terbuka (open standard file format) dan sekarang dibawah kontrol International Organization for Standardization (ISO). Dengan menjadi format file standar terbuka, siapapun sekarang ini dapat membuat, mendistribusikan, menggunakan atau menjual dokumen PDF dan juga software (perangkat lunak) untuk membuat dokumen PDF.

Kelebihan file PDF adalah tampilannya yang tidak bergantung pada software, hardware atau sistem operasi. Dengan menggunakan software, hardware atau sistem operasi manapun, tampilan file PDF tidak berubah, tetap sama. Lain halnya dengan dokumen Microsoft Word, tampilan dan tata letak (layout) dokumen Microsoft Word dapat berubah ketika dibuka menggunakan versi Microsoft Word yang berbeda.

Tujuan dibuat formatnya PDF adalah untuk mempertahankan tata letak dan kontennya. Sekarang ini, ada begitu banyak software PDF di pasaran, baik yang komersial maupun yang gratis. Software PDF umumnya dibagi menjadi beberapa kategori yaitu converter, editor, creator dan development library.

Software-software yang digunakan untuk membuat dokumen PDF masuk dalam kategori creator. Beberapa software yang masuk kategori ini misalnya FineReader, OpenOffice, LibreOffice, Prince dan Scribus. Di artikel kali ini, Anda diajak membuat dokumen PDF dengan OpenOffice Writer.

Buat terlebih dahulu atau buka dokumen OpenOffice Writer yang sudah ada.

Membuat file PDF menggunakan OpenOffice.org Writer

Untuk mulai membuat file PDF menggunakan OpenOffice Writer, klik menu File (1) dan kemudian pilih submenu Export as PDF (2).

Membuat file PDF menggunakan OpenOffice.org Writer

Dari kotak dialog PDF Options yang muncul, Anda dapat menambahkan opsi tertentu untuk file PDF. Salah satu yang cukup penting adalah penambahan password di tab Security. Apabila sudah selesai menentukan opsi yang digunakan, klik tombol Export untuk melanjutkan.

Membuat file PDF menggunakan OpenOffice.org Writer

Di kotak dialog Export yang muncul, beri nama untuk file PDF yang dibuat (1) dan kemudian akhiri dengan mengklik tombol Save (2).

Membuat file PDF menggunakan OpenOffice.org Writer

Berikut ini adalah tampilan file PDF yang dibuat menggunaakan OpenOffice Writer ketika dibuka dengan aplikasi Adobe Acrobat Reader DC.

Membuat file PDF menggunakan OpenOffice.org Writer

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It