Mengubah file DOCX atau DOC ke PDF dengan aplikasi Microsoft Word

2 Cara Mengubah File DOCX Atau DOC Ke PDF Dengan Aplikasi Microsoft Word

DOCX dan DOC adalah dua format file milik (proprietary) Microsoft dan digunakan untuk dokumen Microsoft Word. DOC digunakan di Microsoft Word 2003 dan versi sebelumnya, sedangkan DOCX digunakan di Microsoft Word 2007 dan versi sesudahnya. Format DOC dapat dibuka di Microsoft Word 2007 atau versi sesudahnya, namun format DOCX tidak dapat dibuka di Microsoft Word 2003 atau versi sebelumnya.

PDF adalah format dokumen milik (proprietary) Adobe System. Kelebihan dari dokumen PDF adalah tidak bergantung pada platform, baik Windows, macOS atau Linux. Tata letak dan format dokumen PDF tidak akan berubah ketika dibuka dengan aplikasi PDF manapun, termasuk web browser modern yang ada saat ini. Dokumen PDF juga sulit diedit kecuali dengan aplikasi khusus PDF yang memiliki kemampuan mengedit.

Baca artikel:

DOCX atau DOC dan PDF adalah dua format file populer dengan jangkauan pengguna yang luas. Format DOCX banyak dihasilkan karena luasnya penggunaan aplikasi Microsoft Word, sedangkan format PDF banyak dipilih karena keunggulannya sehingga cocok digunakan untuk menyimpan atau mendistribusikan dokumen final atau dokumen penting.

Baca artikel:

DOCX dan juga PDF telah menjadi format file standar terbuka. Pengembang software kini dapat membuat aplikasi khusus atau menambahkan fitur yang dapat bekerja baik pada kedua format file ini. Sebagai contoh adalah aplikasi Microsoft Word yang secara default menyimpan dokumen dalam format DOCX (dulu DOC), namun juga memiliki opsi untuk menyimpan dokumen ke format PDF atau format lainnya.

Baca artikel Membuat Tautan (Link) Di File PDF Dengan Adobe Acrobat

Ini artinya bila Anda memiliki file DOCX atau DOC dan ingin mengubahnya ke format file PDF, Anda cukup menggunakan aplikasi Microsoft Word, tidak perlu aplikasi pihak ketiga manapun atau mengubah melalui layanan konversi online gratis. Microsoft Word sendiri memiliki dua cara mengubah file DOCX atau DOC ke PDF yaitu dengan menyimpan sebagai file PDF dan mengekspor sebagai dokumen PDF.

Berikut ini dua cara mengubah file DOCX atau DOC ke PDF dengan aplikasi Microsoft Word. Agar Microsoft Word juga dapat membuka format file DOC, gunakan Microsoft Word 2007 atau versi di atasnya.

1. Menyimpan sebagai file PDF.

Ada banyak format yang didukung ketika Anda menyimpan dokumen Microsoft Word, salah satunya adalah PDF. Untuk mengubah file DOCX atau DOC ke PDF, Anda dapat membuka file DOCX atau DOC terlebih dahulu di Microsoft Word dan kemudian menyimpannya ke format PDF atau menyimpan langsung dokumen yang sedang dibuat ke format PDF.

Klik menu File, di backstage Microsoft Word yang muncul, klik Save As (1) dan kemudian klik Browse (2).

Cara mengubah file DOCX atau DOC ke PDF dengan aplikasi Microsoft Word

Di jendela Save As yang muncul, tentukan drive atau folder penyimpanan (1), beri nama file (2), pilih PDF (*.pdf) untuk Save as type (3) dan kemudian klik tombol Save (4).

Cara mengubah file DOCX atau DOC ke PDF dengan aplikasi Microsoft Word

2. Mengekspor sebagai dokumen PDF/XPS.

Selain menyimpan sebagai file PDF, Microsoft Word juga memiliki fitur untuk mengekspor file DOCX atau DOC ke format PDF/XPS. Dengan fitur ekspor ke format PDF/XPS, Anda juga dapat dengan mudah mengubah file DOCX atau DOC ke PDF.

Buka terlebih dahulu file DOCX atau DOC di Microsoft Word. Klik menu File, di backstage Microsoft Word yang muncul, klik Export (1), kemudian klik atau pilih Create PDF/XPS Document (2) dan selanjutnya klik tombol Create PDF/XPS (3).

Cara mengubah file DOCX atau DOC ke PDF dengan aplikasi Microsoft Word

Di kotak dialog Publish as PDF or XPS yang muncul, tentukan drive atau folder sebagai tempat penyimpanan (1), beri nama untuk file PDF (2) dan kemudian klik tombol Publish (3).

Cara mengubah file DOCX atau DOC ke PDF dengan aplikasi Microsoft Word
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It