Menyimpan Halaman Web Ke Format HTML Untuk Dibuka Secara Offline

Internet telah menjadi sumber informasi yang melimpah dengan berbagai macam tema. Anda dapat menemukan hampir semua infomasi yang dicari di sana. Tentu saja, untuk mendapatkan informasi yang dicari dari internet, Anda memerlukan koneksi internet. Informasi di internet ditampilkan (render) sebagai sebuah halaman web (web page) di aplikasi browser yang Anda gunakan. Ketika tidak ada koneksi internet, informasi dari internet tidak dapat diakses untuk ditampilkan di browser.

Tentu ini akan sangat merepotkan ketika Anda hanya mengakses internet di tempat-tempat tertentu, seperti di kantor atau di perpustakaan kampus atau ketika Anda berada di area Wi-Fi publik gratis seperti di mal, restoran, kedai kopi atau hotel. Sebenarnya, Anda bisa membuka halaman web secara offline tanpa ada koneksi internet dengan menyimpan halaman web tersebut ke format HTML (.htm atau .html).

Baca artikel:

Ketika Anda sedang online di area tertentu yang memiliki koneksi internet, membuka halaman web berisi informasi penting, Anda dapat langsung menyimpan halaman web tersebut ke format HTML di laptop atau PC agar Anda dapat membukanya kembali di rumah secara offline tanpa perlu koneksi internet. Semua browser memiliki fitur menyimpan halaman web ke format HTML. Berikut ini adalah cara menyimpan halaman web di browser Google Chrome:

Pastikan Anda telah membuka halaman web yang ingin disimpan ke format HTML di laptop atau PC, klik tombol Customize and control Google Chrome (1), pilih More Tools (2) dan kemudian klik Save page as... (3).

Cara menyimpan halaman web (web page) di browser Google Chrome

Di kotak dialog Save As yang muncul, tentukan folder penyimpanan file HTML (1), rubah nama file bila diperlukan (2), tentukan format HTML yang diinginkan (3) apakah Webpage, HTML Only atau Webpage, Complete dan kemudian klik tombol Save (4) untuk mulai menyimpan.

Cara menyimpan halaman web (web page) di browser Google Chrome

Opsi Webpage, HTML Only memungkinkan Anda menyimpan halaman asli namun tanpa disertai gambar, sedangkan Webpage, Complete memungkinkan Anda menyimpan seluruh halaman web bersama dengan gambar dan file-file pendukung lainnya. Ketika Anda memilih opsi Webpage, Complete, Anda akan mendapati sebuah folder lain yang juga bersisi satu atau lebih file dan folder.

Cara menyimpan halaman web (web page) di browser Google Chrome

Note: Anda juga dapat menyimpan halaman web ke format HTML tanpa iklan atau elemen web lain yang kurang berguna seperti kolom komentar, jendela pop-up dan tombol social media share. Namun, sebelum menyimpan, Anda terlebih dahulu harus menghilangkan iklan dan elemen web tersebut. Anda dapat membaca artikel Mencetak Halaman Web (Web Page) Tanpa Iklan untuk mengetahui cara menghilangkan iklan dan elemen web dari halaman web.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It