Mengkonversi format file adalah proses merubah file dari satu format ke format lain yang berbeda. Mengkonversi format file merupakan kegiatan yang sesekali atau sering kali kita lakukan. Misalnya, untuk keperluan tertentu, Anda perlu untuk mengkonversi file gambar, baik JPG atau PNG ke PDF. Mengkonversi format file JPG atau PNG ke PDF bukan hal sulit. Anda cukup banyak online converter maupun offline converter (aplikasi) yang bisa digunakan.

Bila Anda memiliki akses ke internet, Anda dapat mengkonversi file JPG atau PNG ke PDF secara online. Anda dapat menggunakan banyak situs penyedia layanan gratis seperti jpgtopdf, pngtopdf, pdfonline, convertio, pdfcandy, onlinetopdf dan lain sebagainya. Anda juga dapat mengkonversi file JPG atau PNG ke PDF secara offline menggunakan aplikasi seperti Zilla JPG To PDF Converter atau Foxit Reader. Aplikasi ini perlu diinstal terlebih dahulu untuk menggunakannya.

Baca artikel:

Bila Anda tidak mempunyai akses ke internet atau koneksi internet sedang tidak stabil dan Anda juga belum mempunyai aplikasi Zilla JPG To PDF Converter atau Foxit Reade terinstal, Anda dapat menggunakan Photos yaitu aplikasi bawaan Windows 10. Bila Anda menggunakan sistem operasi Microsoft Windows, aplikasi Photos sudah terinstal secara otomatis. Aplikasi Photos juga bisa digunakan untuk mengkonversi file gambar (JPG atau PNG) ke PDF.

Artikel menarik lainnya:

Aplikasi Photos di Windows 10 memiliki fitur Microsoft Print to PDF yang membolehkan Anda untuk mencetak (mengkonversi) ke PDF secara natif. File PDF hasil dari fitur Microsoft Print to PDF dapat dibuka di aplikasi manapun yang mendukung format file PDF ini. Di Windows 10, bila Anda belum merubah aplikasi default untuk format file PDF, file PDF dibuka di browser Microsoft Edge. Berikut ini adalah cara mengkonversi file JPG atau PNG ke PDF di Windows 10:

Baca artikel Cara Mengganti Aplikasi Standar Untuk Tipe File Tertentu Di Windows

Buka atau jalankan File Explorer, klik kanan pada file gambar yang ingin dikonversi ke PDF (1), di daftar menu pintas yang muncul, pilih Open with (2) dan kemudian pilih aplikasi Photos (3).

Mengkonversi file JPG dan PNG ke PDF di Windows

File gambar lansung dibuka di aplikasi Photos. Gunakan tombol keyboard Ctrl+P untuk membuka kotak dialog Print.

Mengkonversi file JPG dan PNG ke PDF di Windows

Di kotak dialog Print yang muncul, fitur Microsoft Print to PDF yang otomatis digunakan (1). Atur parameter lainnya seperti paper size, photo size, page margins dan juga fit (2), bila ingin merubah orientasi gambar landscape atau portraid dan paper size, klik More settings (3) dan kemudian klik tombol Print untuk mengkonversi ke format file PDF (4).

Mengkonversi file JPG dan PNG ke PDF di Windows

Di kotak dialog Print Output As yang muncul, tentukan folder penyimpanan (1), beri nama file baru (2), tipe file penyimpanan akan otomatis PDF Document (*.pdf) (3) dan kemudian klik tombol Save (4).

Mengkonversi file JPG dan PNG ke PDF di Windows

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It