Menggunakan metoda append, insert dan replace dari kelas StringBuffer Java

Metoda append, insert Dan replace Dari Kelas StringBuffer Di Java

Di artikel atau postingan Menggunakan Kelas StringBuffer Di Java, Anda diperkenalkan pada kelas StringBuffer dengan konstruktor dan beberapa metoda yang dimilikinya. Di Java, kelas StringBuffer bisa menjadi alternatif dari kelas String. Kelas StringBuffer terletak di paket java.lang sehingga tidak perlu diimpor saat akan digunakan di dalam program Java.

Berikut ini adalah contoh kode program Java yang mendemonstrasikan penggunaan metoda append, insert dan replace dari kelas StringBuffer.

 1
 2
 3
 4
 5
 6
 7
 8
 9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
// Nama file : DemoAppendInsertReplace.java
// Mendemonstrasikan penggunaan metoda append, insert dan replace
 
// Mengimpor kelas
import javax.swing.JOptionPane;
import javax.swing.JTextArea;
 
// Deklarasi kelas
public class DemoAppendInsertReplace {
 
   public static void main(String[] args) {
 
      StringBuffer strBuff = new StringBuffer();
 
      String str = "strBuff = " + strBuff;
      str += "\nstrBuff.append(\"Mari belajar Java\") = " +
             strBuff.append("Mari belajar Java");
      str += "\nstrBuff.insert(13, \"Phyton dan \") = " +
             strBuff.insert(13, "Phyton dan ");
      str += "\nstrBuff.replace(13, 19, \"PHP\") = " +
             strBuff.replace(13, 19, "PHP");
      str += "\nstrBuff.append(\" dengan serius\") = " +
             strBuff.append(" dengan serius");
 
      // Menampilkan hasil
      JTextArea area = new JTextArea();
      area.setText(str);
      JOptionPane.showMessageDialog(null, area, "Metoda append, " +
         "insert dan replace", JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE);
 
      // Mengakhiri aplikasi berpenampilan GUI
      System.exit(0);
 
   }
}

Menggunakan metoda append, insert dan replace dari kelas StringBuffer Java

Baris nomor 13 adalah pernyataan untuk mengkonstruksi atau membuat obyek dari kelas StringBuffer menggunakan kontruktor tanpa argumen. Acuan ke obyek ini selanjutnya diberikan ke variabel strBuff. Saat ditampilkan, konten dari obyek yang diacu oleh variabel strBuff adalah kosong (baris nomor 15).

Baris nomor 17 adalah pernyataan untuk menambahkan literal string “Mari belajar Java” ke dalam buffer menggunakan metoda append dengan argumen parameter tipe String.

Baris nomor 19 adalah pernyataan untuk menyisipkan string ke dalam buffer menggunakan metoda insert dengan dua parameter. Parameter pertama, offset, adalah parameter tipe int dan diberi argumen 13. Parameter ini adalah indeks dimana literal string disisipkan. Parameter kedua, str, adalah parameter tipe acuan kelas String dan diberi argumen literal string “Phyton dan “. Parameter ini adalah nilai literal string yang akan disisipkan.

Baris nomo 21 adalah pernyataan untuk mengganti karakter yang terdapat di buffer. Anda dapat menggunakan metoda replace dengan tiga parameter untuk mengganti karakter yang terdapat di buffer. Tipe parameter startIndex dan endIndex adalah int. Karakter yang akan diganti ditentukan oleh indek dari parameter startIndex dan endIndex.

Di pernyataan replace tersebut, startIndex dan endIndex diberi nilai int 13 dan 19, adalah karakter yang membentuk string “Phyton” yang akan diganti. Sedangkan str sendiri adalah parameter tipe acuan kelas String yang diberi argumen literal string “PHP“. Parameter ini adalah nilai literal string yang digunakan sebagai pengganti literal string “Phyton”.

Pernyataan baris nomor 23 menggunakan metoda append kembali untuk menambah literal string “ dengan serius” ke dalam buffer. Dengan menggunakan metoda append, string akan ditambahkan di bagian akhir dari nilai string yang sudah ada.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It