Menonaktifkan pembaruan (update) Microsoft Offfice

3 Cara Menonaktifkan Pembaruan (Update) Microsoft Office

Microsoft selalu menekankan untuk melakukan pembaruan (update) untuk semua produk perangkat lunaknya (software). Sebagian software melakukan update otomatis, sebagian memerlukan keterlibatan atau keputusan Anda dan sebagian yang lain menyediakan opsi terkait update seperti menonaktifkan (disable) update. Pembaruan (update) adalah hal penting dan sangat dianjurkan karena terkait fitur baru, perbaikan celah keamanan (bug), performa dan kompatibilitas.

Salah satu software Microsoft yang sangat dianjurkan untuk melakukan update adalah Microsoft Office Pagkage yang di dalamnya terdapat Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft PowerPoint, beberapa aplikasi Office lain dan aplikasi penunjangnya. Namun, Microsoft Office Package juga menyediakan opsi terkait dengan update. Salah satu opsi yang diberikan adalah Anda dapat menonaktifkan (disable) Update meskipun ini sangat tidak dianjurkan.

Baca artikel:

Ada kalanya Anda perlu menunda atau menonaktifkan update Microsoft Office. Biasanya, sebelum melakukan update, Anda mungkin mengetahui atau membaca di berbagai artikel online, forum, komunitas terkait masalah yang mungkin muncul saat melakukan update seperti perubahan tampilan, fitur yang tidak diinginkan atau bahkan terjadi penurunan performa. Semua ini bisa menjadi alasan untuk menunda atau menonaktifkan update Microsoft Office.

Baca artikel:

Untuk menonaktifkan update Microsoft Office, selain menggunakan opsi yang tersedia di Microsoft Office, Anda juga dapat menonaktifkan update melalui Windows Settings atau software pihak ketiga. Bila Anda ingin benar-benar menunda atau menonaktifkan update Microssoft Office, berikut ini adalah caranya:

1. Melalui fitur Microsoft Office.

Untuk menonaktifkan (disable) pembaruan (update) melalui fitur Microsoft Office, Anda dapat menjalankan salah satu aplikasi dari Microsoft Office package, misalnya Microsoft Word, Microsoft Excel atau Microsoft PowerPoint. Di contoh ini menggunakan aplikasi Microsoft Word. Jalankan Microsoft Word, klik menu File, di backstage Microsoft Word yang muncul, pilih Account, di bagian Product Information, klik tombol Update Option (1) dan kemudian pilih Disable Updates (2).

Cara menonaktifkan (disable) pembaruan (update) Microsoft Office

2. Melalui Windows Settings.

Jika Anda menggunakan Windows 10, Anda dapat menonaktifkan (disable) pembaruan (update) melalui Windows Setting. Tekan kombinasi tombol keyboard Windows+I untuk menampilkan jendela Windows Settings, dari berbagai opsi setting yang muncul, klik Update & Security (Windows Update, recovery, backup). Pastikan Anda sudah memilih tab Windows Update (1) dan kemudian klik link (tautan) Advanced options (2).

Cara menonaktifkan (disable) pembaruan (update) Microsoft Office

Di jendela Advanced Options yang muncul, ubah nilai toggle button Give me upadates for other Microsoft product when I update Windows dari On menjadi Off.

Cara menonaktifkan (disable) pembaruan (update) Microsoft Office

3. Melalui software pihak ketiga.

Salah satu software dari pihak ketiga yang bisa digunakan untuk menonaktifkan (disable) update Microsoft Office adalah DoNotSpy dari pXc-coding. DoNotSpy adalah aplikasi gratis (free) untuk Windows 10. Software ini mengkonsolidasikan semua pengaturan privasi (privacy setting) terkait Windows 10 sehingga dapat dikelola dengan sangat mudah dan cepat. Software ini dapat diinstal di Microsoft Windows 32-bit dan 64-bit.

Untuk dapat menonaktifkan (disable) update Microsoft Office menggunakan software ini, unduh (download) terlebih dahulu software DoNotSpy dan kemudian pasang (install). Jika proses instalasi selesai, jalankan software DoNotSpy. Di jendela yang muncul, beri tanda centang di kotak centang (check box) Disable Windows Update for other Prosucts (1), klik tombol Apply (2) dan kemudian klik tombol Exit (3).

Cara menonaktifkan (disable) pembaruan (update) Microsoft Office
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It