Berikut ini adalah kode program dan hasil eksekusinya:
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 | // Nama file : ButtonTextIcon.java // Membuat obyek button (tombol) dengan teks dan icon // Mengimpor kelas import javax.swing.*; import java.awt.*; // Deklarasi kelas public class ButtonTextIcon extends JFrame { public ButtonTextIcon() { // Mengakses icon Icon iconBack = new ImageIcon("C:\\filejava\\javaapp\\image\\back.png"); Icon iconNext = new ImageIcon("C:\\filejava\\javaapp\\image\\next.png"); // Membuat obyek button dan metetakkannya di panel JButton tombolBack = new JButton("Back", iconBack); JButton tombolNext = new JButton("Next", iconNext); getContentPane().setLayout(new GridLayout(1, 2)); getContentPane().add(tombolBack); getContentPane().add(tombolNext); } // Metoda main public static void main(String[] args) { ButtonTextIcon frame = new ButtonTextIcon(); frame.setTitle("Kelas ButtonTextIcon"); frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE); frame.setSize(230, 100); frame.setVisible(true); } } |
Di Java, ikon adalah gambar kecil berukuran tetap dan biasa untuk mendekorasi atau memperindah komponen. Di Java, javax.swing.Icon adalah interface dan digunakan sebagai tipe kelas dari obyek kelas turunannya, sedangkan untuk membuat image, digunakan kelas konkrit javax.swing.ImageIcon.
Dari kode program baris nomor 13 dan 14 di atas, kelas ImageIcon menggunakan path absolut untuk menunjuk ke lokasi image atau gambar yang digunakan di program. Anda dapat menggunakan kelas java.lang.URL untuk menunjuk ke lokasi sumber daya file. Di artikel Menunjuk Lokasi Image Dengan Kelas URL Di Java, dijelaskan bagaimana menggunakan kelas java.lang.URL untuk menunjuk lokasi image atau sumber daya lainnya.