Menggunakan kelas JComponent di program Java
Menggunakan Kelas JComponent Di Program Java
JComponent adalah kelas dasar (base class) untuk semua komponen swing seperti kelas JLabel, JTextfield, JComboBox, JListBox, JPanel dan lain sebagainya kecuali kelas-kelas wadah (swing container classes) level atas seperti kelas JFrame, JDialog dan JApplet.

Kelas JComponent secara langsung adalah turunan dari kelas java.awt.Container. Berikut ini adalah hierarki dari kelas JComponent di bahasa pemrograman Java:

Hierarki kelas JComponent di Java

Kelas JComponent mempunyai banyak metoda yang diwariskan kepada kelas turunannya. Beberapa metoda penting dari kelas JComponent yang sering digunakan oleh komponen swing (subclass dari kelas JComponent) adalah sebagai berikut:

Tabel Metoda Kelas JComponen

Metoda Keterangan
getToolTip() Mengembalikan string yang merupakan tool tip text dari komponen.
setToolTip() Mengatur kembali tool tip text baru dari komponen.
getBorder() Mengembalikan border dari komponen dan null jika tidak ada border.
setBorder() Mengatur kembali border dari komponen.

Untuk dapat menggambar string, line dan berbagai bentuk lain seperti rectangles, oval, polygon dan sebagainya di kelas-kelas wadah (container classes) seperti kelas JFrame dan JApplet, digunakan metoda paint(Graphics g), sedangkan untuk menggambar di obyek panel (kelas JPanel), digunakan metoda paintComponent(Graphics g).

Obyek kelas Graphics yang diacu oleh variabel acuan g dibuat otomatis oleh Java Virtual Mechine (JVM). Anda dapat menggunakan berbagai macam metoda untuk menggambar bentuk yang telah didefinisikan di kelas Graphics.

SILAHKAN BAGIKAN ARTIKEL INI!
Pin It