Di sistem operasi Microsoft Windows, ekstensi sebuah file adalah sekumpulan karakter yang digunakan untuk membantu mengenali tipe atau jenis informasi yang terdapat di dalam file dan program apa yang akan digunakan untuk membuka file tersebut. Istilah ekstensi digunakan karena terletak di akhir nama file mengikuti tanda titik (.), misalnya .png, .jpg, .exe, .jpeg, .txt dan lain sebagainya. Secara standar, ekstensi file di sistem operasi Microsoft Windows disembunyikan dan hanya menampilkan nama filenya saja.

Maksud disembunyikannya ekstensi file adalah untuk memproteksi pengguna (user) dari merubahnya secara tidak sengaja atau ingin merubahnya secara sembarangan. Merubah ekstensi file secara sebarangan dapat membingungkan sistem operasi ketika mencoba membukanya. Sistem operasi Microsoft Windows sebenarnya memberikan kemudahan untuk menampilkan ekstensi file. Namun demikian, bila Anda bukan pengguna tingkat lanjut, hendaknya tidak perlu menampilkan ekstensi file demi keamanan. Berikut ini adalah cara menampilkan ekstensi file di sistem operasi Microsoft Windows 8.1:

Jalankan File Explorer dan kemudian arahkan ke folder tempat file-file disimpan. Anda dapat memperhatikan bahwa ekstensi file tidak ditampilkan.

Menampilkan ekstensi file (file extension) di Microsoft Windows

Untuk menampilkan ekstensi file-file, pastikan Anda berada di tab VIEW dan kemudian beri tanda centang di kotak centang (check box) berlabel File name extensions. Seketika itu juga ekstensi file ditampilkan mengikuti nama filenya. Sebaliknya, untuk menyembunyikan ekstensinya kembali, hilangkan tanda centang yang ada di kotak centang (check box) berlabel File name extensions.

Menampilkan ekstensi file (file extension) di Microsoft Windows