Komputer yang digunakan oleh lebih dari satu orang cenderung rentan terhadap akses ke suatu file atau folder. Komputer yang menjadi bagian dari jaringan skala kecil (workgroup) juga tidak lepas dari kerawanan tersebut. Perlu ada tindakan yang dapat meminimalkan kemungkinan resiko terhadap akses ke file atau folder dari jangkauan banyak orang dengan cara menyembunyikannya.

Di sistem operasi Windows, Anda dapat menyembunyikan file atau folder tertentu yang dianggap perlu dari akses orang yang tidak berkepentingan. Meskipun cara ini dianggap kurang optimal dari pengguna komputer berpengalaman, tetapi cara ini dapat digunakan untuk meminimalkan resiko dari pengguna yang kurang berpengalaman (novice user). Untuk menyembunyikan file atau folder tertentu di sistem operasi Windows 7, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Jalankan Windows Explorer, arahkan ke file atau folder yang akan disembunyikan, klik kanan untuk menampilkan menu pintas dan kemudian pilih Properties.

Menyembunyikan file atau folder di Windows

Di kotak dialog Software Properties yang muncul, pastikan Anda berada di tab General, beri tanda centang di kotak centang (check box) berlabel Hidden dan kemudian klik tombol Apply dan OK.

Menyembunyikan file atau folder di Windows

Apabila muncul kotak dialog Confirm Attribute Changes, klik tombol OK.

Menyembunyikan file atau folder di Windows

Apabila sistem komputer Anda telah mengaktifkan fitur Don't show hidden files, folders, or drives, file atau folder tersebut akan langsung disembunyikan. Apabila file atau folder masih nampak, buka kotak dialog Folder Options, pastikan Anda berada di tab View, klik tombol radio (radio button) berlabel Don't show hidden files, folders, or drives dan kemudian tekan tombol Apply dan OK.

Menyembunyikan file atau folder di Windows

File atau folder yang Anda pilih sudah hilang dari tampilan (disembunyikan).

Menyembunyikan file atau folder di Windows

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It

MASUKKAN EMAIL ANDA UNTUK BERLANGGANAN ARTIKEL GRATIS:

Delivered by FeedBurner