Menonaktifkan disable tombol editor di CMS Joomla
Menonaktifkan (Disable) Tombol Editor Di CMS Joomla
CMS Joomla mempunyai tiga editor bawaan, salah satunya adalah TinyMCE yaitu editor WYSIWYG untuk membuat artikel di website Joomla lebih mudah. Editor ini dapat digunakan layaknya word processor seperti Microsoft Word yang memiliki banyak tombol perintah (toolbar). Editor TinyMCE sudah cukup memadai untuk membuat artikel online meskipun Anda tidak tahu cara membuat dengan format HTML.

Joomla tidak membatasi Anda untuk menggunakan editor bawaan. Anda diberi kebebasan untuk menginstal dan menggunakan editor-editor lain dari pihak ketiga. Salah satu editor handal yang dapat ditambahkan ke Joomla adalah editor JCE. Editor ini memiliki fitur yang hampir sama dengan editor TinyMCE tetapi lebih bisa menerima penyisipan kode (script) dari luar dan juga pembuatan link ke konten internal joomla.

Baca artikel Merubah Fungsionalitas Editor TinyMCE Di Joomla 3

Ketika Anda membuat artikel baru untuk website Joomla menggunakan editor manapun, Anda akan mendapati ada tujuh buah tombol yang berada tepat di bawah editor yaitu Module, Menu, Contact, Article, Image, Page Break dan Read More. Jika JCE telah diatur menjadi editor default di Joomla, Anda dapat menonaktifkan tujuh tombol tersebut karena telah terwakili oleh beberapa tombol di toolbar editor JCE.

Baca artikel Cara Mengganti Editor Default CMS Joomla

Anda dapat memeriksa tombol di toolbar editor JCE dimana beberapa memiliki fungsi sama dengan tujuh tombol yang terletak tepat di bawah editor JCE. Untuk menghilangkan atau menonaktifkan (disable) tombol Module, Menu, Contact, Article, Image, Page Break dan juga Read More, berikut ini adalah caranya:

Anda dapat memperhatikan JCE sebagai editor default Joomla dengan tombol Module, Menu, Contact, Article, Image, Page Break dan Read More di bagian bawah.

Cara menghilangkan menonaktifkan tombol di editor Joomla

Tujuh tombol seperti gambar di bawah ini akan dihilangkan atau dinonaktifkan (disable) karena telah terwakili oleh beberapa tombol di toolbar editor JCE.

Cara menghilangkan menonaktifkan tombol di editor Joomla

Untuk menonaktifkan tujuh tombol tersebut, masuk terlebih dahulu ke area administrator (panel admin) Joomla, klik menu Extensions (2) dan kemudian pilih submenu Plugins (2).

Cara menghilangkan menonaktifkan tombol di editor Joomla

Di laman Pugins yang muncul, klik Search Tools (1), dari kotak daftar pilih (drop down) yang muncul, klik Select Type (2) dan dari daftar pilihan (drop-down list) yang muncul, pilih editors-xtd (3).

Cara menghilangkan menonaktifkan tombol di editor Joomla

Anda dapat melihat daftar tombol plugin ditampilkan dengan status aktif (enable). Nonaktifkan semua tombol plugin agar tidak ditampilkan lagi dibawah editor JCE.

Cara menghilangkan menonaktifkan tombol di editor Joomla

Anda bisa menampilkan editor JCE kembali dan perhatikan tujuh tombol yang berada di bawah editor JCE tidak ditampilkan.

Cara menghilangkan menonaktifkan tombol di editor Joomla
SILAHKAN BAGIKAN ARTIKEL INI BILA BERMANFAAT
Pin It