Mouse adalah perangkat input utama ketika berinteraksi dengan obyek di Windows. Menggerakkan mouse akan mengerakkan gambar grafis di layar komputer. Gambar grafis ini disebut juga dengan pointer atau cursor. Jadi pointer atau cursor mouse adalah gambar grafis yang digunakan untuk mengaktifkan atau mengontrol elemen tertentu yang ada di antarmuka pengguna grafis (graphical user interface | GUI) seperti Microsoft Windows.

Secara default, pointer mouser terlihat seperti anak panah runcing kecil berwarna putih dengan garis tepi berwarna hitam. Pengguna yang suka melakukan penyesuaian (customize) sistem operasi mungkin merasa bosan dengan serangkaian pointer atau cursor yang sama di semua versi Windows. Untuk merubah tampilan pointer mouse, Anda perlu untuk mengunduh file gambar pointer mouse, mengekstrak, menginstal dan kemudian mengaktifkannya.

Sering kali, pointer mouse tersamar di tampilan layar komputer sehingga sulit untuk diketahui atau ditemukan posisinya. Ini bisa dihindari bila ukuran pointer mouse agak lebih besar atau memiliki warna tertentu. Di update utama Windows 10 pada bulan Mei 2019 (May 2019 Update), Windows 10 telah menambahkan fitur yang memberi kemudahan kepada Anda untuk merubah ukuran dan warna pointer atau cursor mouse.

Baca artikel:

Sekarang, Anda dapat merubah ukuran dan warna pointer mouse sesuai dengan keinginan. Sekali lagi, fitur ini hanya ada di Windows 10 May 2019 Update atau yang terbaru. Berikut ini adalah cara merubah ukuran dan warna pointer mouse di Windows 10:

Klik tombol Start yang ada di sudut kiri bawah dan kemudian pilih Settings (ikon dengan gambar gear). Di jendela Windows Settings yang muncul, pilih Ease of Access (Narrator, magnifier, hight contras).

Merubah ukuran dan warna pointer (cursor) mouse di Windows 10

Di pengaturan Ease of Access, di area sebelah kiri, klik Cursor & pointer (1). Untuk merubah ukuran pointer atau cursor mouse, di bagian Change pointer size, geser slider (2) ke arah kanan atau kiri untuk menentukan ukuran pointer mouse sesuai dengan keinginan Anda.

Merubah ukuran dan warna pointer (cursor) mouse di Windows 10

Masih di Cursor & pointer (1), untuk merubah warna pointer atau cursor mouse, di bagian Change pointer colour, ada 4 pilihan untuk warna mouse, pilih opsi terakhir yang berwarna (2), bila Anda menyukai salah satu warna yang disarankan, klik warna yang Anda inginkan, misalnya warna emas atau gold colour (3), bila Anda ingin menggunakan warna lain, Anda dapat klik Pick a custom pointer colour (4) untuk menentukan warna sesuai pilihan.

Merubah ukuran dan warna pointer (cursor) mouse di Windows 10
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It