Sebuah komponen Java hanya bisa memiliki satu baris label saja. Apabila Anda memberi label yang panjang di komponen dan tidak mencukupi, label akan terpotong. Label panjang yang tidak termuat, tidak akan dilanjutkan ke baris baru. Selain itu, apabila Anda memberi warna label dengan metoda setForeground, keseluruhan label akan berwarna sama.

Bagaimana caranya apabila Anda ingin mendekorasi label yang setiap kata penyusunnya mempunyai warna berbeda? Anda dapat mendekorasi label dengan batuan tag HTML. Berikut ini adalah contoh program Java sederhana untuk mendekorasi label di obyek button dan hasil eksekusinya:

// Nama file : LabelButton.java
// Mendemonstrasikan beberapa baris label dan warna

// Mengimpor kelas
import javax.swing.*;
import java.awt.*;
import java.net.URL;

// Deklarasi kelas
public class LabelButton extends JFrame {

   public LabelButton() {

      Class metaObject = this.getClass();
      URL urlRedFlag = metaObject.getResource("image2/redflag.png");
      ImageIcon iconRedFlag = new ImageIcon(urlRedFlag);

      String label = "" + "Ikon bendera" + "
" + "warna" + "" + " merah" + ""; JButton jbtFlag = new JButton(label, iconRedFlag); getContentPane().add(jbtFlag, BorderLayout.CENTER); } // Metoda main public static void main(String[] args) { LabelButton frame = new LabelButton(); frame.setTitle("Kelas LabelButton"); frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE); frame.setSize(215, 100); frame.setVisible(true); } }

Untuk mendekorasi label di komponen Java, Anda dapat memanfaatkan tag HTML. Umumnya, tag di HTML terdiri dari dua pasang yaitu tag pembuka (opening tag) dan tag penutup (closing tag). HTML juga mempunyai tag tanpa memiliki tag penutup, contohnya adalah <br> yang digunakan untuk menempatkan label atau string di baris berikutnya.

Format HTML dimulai dengan tag <html> dan ditutup dengan tag </html>. Untuk menampilkan label berwarna, gunakan tag font pembuka diikuti atribut color dan nilai yang mewakili warna dan kemudian ditutup dengan tag font penutup.

Mendekorasi label obyek kelas JButton di program Java
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It