Setiap file di Microsoft Windows menyimpan informasi yang terkait dengan file tersebut. Informasi yang terkait file ini disebut dengan metadata. Setiap tipe file berbeda bisa memiliki metadata yang tidak sama. Misalnya, metadata untuk file MP3 bisa berupa judul lagu, artis, tanggal rilis, genre dan lain sebagainya, sedangkan metadata file gambar JPG bisa berupa judul, dimensi, resolusi, nama program dan lain sebagainya.

Metadata terkadang dapat berisi informasi yang cukup sensitif. Misalnya, ketika Anda mengambil foto menggunakan kamera digital atau handphone, selain nama kamera atau handphone serta tanggal dan waktu pengambilan foto, lokasi dimana foto diambil juga disimpan sebagai informasi. Seseorang dapat melacak dimana foto diambil atau lebih tepatnya dimana Anda saat itu berada.

Baca artikel Cara Mengedit Metadata File Gambar Di Microsoft Windows

Bila ini dikaitkan dengan privasi, Anda mungkin akan memilih untuk menghapus metadata yang melekat di foto tersebut, terlebih lagi bila foto ingin di-share. Microsoft Windows menyediakan fitur built-in untuk menghapus metadata yang melekat pada sebuah file. Anda tidak perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga (third-party apps). Berikut ini adalah cara menghapus metadata sebuah file di Microsoft Windows:

Di contoh ini digunakan file gambar JPG. Klik kanan file gambar untuk menampilkan menu pintas (shortcut menus) dan kemudian pilih Properties yang terletak paling bawah.

Menghapus metadata sebuah file di Microsoft Windows

Di kotak dialog Properties dari file gambar, pastikan Anda berada di tab Details (1) dan kemudian klik tautan (link) Remove Properties and Personal Information (2).

Menghapus metadata sebuah file di Microsoft Windows

Untuk menghapus informasi (metadata) dari sebuah file gambar, klik tombol radio Remove the following properties from this file (1), untuk menyeleksi semua informasi, klik tombol Select All (2) dan kemudian klik tombol OK (3). Semua metadata dihapus dari file.

Menghapus metadata sebuah file di Microsoft Windows

Alternatif lain adalah Anda dapat menyalin file gambar tanpa menyertakan metadata. File gambar yang disalin akan diletakkan di lokasi yang sama dengan file gambar yang disalin. Ini mungkin lebih cocok untuk file gambar yang akan di-share dengan metadata dihapus. Untuk menyalin file gambar tanpa metadata, klik tombol radio Create a copy with all possible properties removed (1) dan klik tombol OK (2).

Menghapus metadata sebuah file di Microsoft Windows

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It