Pengaturan SEO bawaan Joomla

Ada banyak pilihan CMS yang bisa digunakan untuk membuat blog. Ketika Blog sudah dibuat dan telah diisi dengan konten, tugas selanjutnya adalah mengupayakan agar konten dapat dibaca oleh banyak visitor. Anda perlu melakukan serangkaian upaya agar konten blog diberi peringkat yang lebih baik oleh mesin telusur. Konten blog dengan peringkat baik memiliki kemungkinan lebih besar diakses visitor.

Untuk bisa menaikkan peringkat konten blog menjadi lebih baik, Anda perlu melakukan optimasi melalui kegiatan SEO. Ada banyak kegiatan SEO yang bisa dilakukan. Anda bisa melakukan kegiatan SEO on-page untuk mengoptimasi dari dalam website itu sendiri dan juga melakukan kegiatan SEO off-page untuk mengoptimasi dari luar website.

Baca artikel terkait SEO Joomla:

SEO on-page meliputi penyediaan navigasi website yang baik, penggunaan elemen heading dengan baik, mengisi meta description dan keyword yang relevan, membuat konten berkualitas yang sarat informasi, membangun internal link, optimasi gambar blog dan sebagainya. SEO off-page meliputi blogwalking, menjadi guest blogger, membagikan konten ke media sosial, membangun backlink dan sebagainya.

Baca artikel terkait SEO on-page:

Kegiatan SEO on-page dan off-page di atas merupakan SEO umum yang hapir semua blogger dan webmaster telah menerapkan tanpa memandang platform yang digunakan untuk membuat blog. Namun, setiap platform bisa saja memiliki fitur SEO bawaan lainnya untuk lebih meningkatkan SEO, misalnya fitur terkait struktur URL (permalink) yang dihasilkan oleh sistem dari masing-masing platform.

Baca artikel lainnya:

Di CMS Joomla, terdapat fitur SEO bawaan terkait dengan URL yang dihasilkan oleh sistem. Anda perlu melakukan pengaturan pada fitur SEO ini dengan tepat. Perlu diingat bahwa mesin telusur seperti Google memberi perhatian khusus pada URL blog ketika mengindeks laman blog. Gambar berikut ini adalah pengaturan terbaik untuk fitur SEO bawaan di CMS Joomla sebagaimana yang banyak disarankan.

Pengaturan terbaik untuk fitur SEO bawaan di CMS Joomla

Untuk mengakses fitur SEO bawaan Joomla ini dan melakukan pengaturan, masuk terlebih dahulu ke panel admin Joomla (Joomla backend). Klik menu System, kemudian pilih Global Configuration dan selanjutnya lakukan pengaturan sesuai gambar. Berikut ini adalah penjelasan sikat terkait fitur SEO bawaan Joomla tersebut:

1. Search Engine Friendly URLs.

Secara default, nilai Search Engine Friendly URLs adalah No. Bila demikian, URL yang dihasilkan akan menjadi panjang dan sulit dimengerti oleh manusia dan mesin telusur. Berikut ini adalah contoh URL yang dihasilkan:

http://www.situsanda.com/index.php?option=com_content&view=section&id=9&Itemid=47

Bila Anda merubah nilai Search Engine Friendly URLs menjadi Yes, URL akan dimodifikasi menjadi lebih pendek dan lebih bisa dimengerti sebagaimana contoh URL berikut ini:

http://www.situsanda.com/index.php/seo/judul-artikel

2. Use URL rewriting.

Secara default, nilai Use URL rewriting adalah No. Bila Anda merubah nilai ke Yes, CMS Joomla akan menggunakan rewrite engine dari web server untuk menghilangkan index.php dari URL. Bila Anda menggunakan Apache web server, beri nama ulang file htaccess.txt menjadi .htaccess sebelum mengaktifkan. Bila Anda menggunakan IIS web server, beri nama ulang file web.config.txt menjadi web.config dan instal IIS URL Rewrite Module sebelum mengaktifkan. URL baru yang dihasilkan akan menjadi seperti di bawah ini.

http://www.situsanda.com/seo/judul-artikel

3. Add Suffix to URL.

Secara default, Add Suffix to URL bernilai No sehingga URL yang dihasilkan tidak ada penambahan suffix atau akhiran .html sebagaimana contoh URL di bawah ini:

http://www.situsanda.com/seo/judul-artikel

Bila Anda merubah nilai Add Suffix to URL menjadi Yes, sebagian besar URL yang dihasilkan akan diberi atau ditambah suffix atau akhiran .html sebagaimana contoh URL di bawah ini:

http://www.situsanda.com/seo/judul-artikel.html

4. Unicode Aliases.

Unicode Aliases akan mengontrol apakah karakter non-latin seperti Cina, Arab dan Jepang akan ditampilkan di URL atau tidak. Nilai default untuk Unicode Aliases adalah No, artinya karakter non-latin akan dikonversi menjadi tanggal dan waktu (timestamp). Bila Anda merubah nilai Unicode Aliases menjadi Yes, karakter non-latin akan ditampilkan di URL.

5. Site Name in Page Titles.

Site Name in Page Titles mengontrol apakan Anda ingin menyertakan nama situs di judul artikel ketika ditampilkan di hasil pencarian mesin telusur. Nila default untuk Site Name in Page Titles adalah No artinya nama situs tidak disertakan di judul artikel. Bila Anda merubah nilai Site Name in Page Titles menjadi Yes, nama situs akan disertakan di judul artikel.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It

MASUKKAN EMAIL ANDA UNTUK BERLANGGANAN ARTIKEL GRATIS:

Delivered by FeedBurner