Banner Internet

Pentingnya Memperbarui (Update) Browser Yang Anda Miliki

Era modern yang serba digital, serba online telah mendorong terus munculnya kebutuhan akan akses internet. Internet dapat dikatakan sebagai kebutuhan yang sudah tidak dapat dihindari lagi. Sebentar atau lama, menggunakan komputer atau perangkat lain (smartphone atau tablet), Anda pastinya melakukan kegiatan berinternet. Mencari berita atau informasi online, melakukan transaksi online, bersosial online, mengunduh file atau software, mengirim pesan elektronik dan lain sebagainya adalah kegiatan-kegiatan berinternet. Internet telah memberikan banyak keuntungan dan kemudahan dengan memangkas jarak dan waktu.

Dalam berinternet, disadari atau tidak, Anda akan sering menjalankan sebuah aplikasi yang lebih dikenal dengan browser (peramban). Melalui browser inilah informasi diambil dan ditampilkan, interaksi dengan teman dijalankan, transaksi online dilakukan, surat elektronik dibuat dan kemudian dikirim. Browser adalah aplikasi yang digunakan untuk kegiatan berinternet. Ada banyak pilihan browser yang dapat Anda gunakan untuk kegiatan ini. Anda dapat memilih untuk menggunakan Chrome, Firefox, Opera, Safari, Internet Explorer atau browser-browser lainnya.

Sangat mungkin setiap komputer atau perangkat lain memiliki lebih dari satu browser yang terpasang. Untuk web designer, web developer atau web programmer, memiliki lebih dari satu browser adalah keharusan karena untuk melihat dan memastikan bahwa situs atau aplikasi web yang dibuat atau dikembangkan memiliki tampilan yang konsisten di semua browser. Secara standar, kebanyakan browser modern saat ini telah mendukung update otomatis. Ketika ada versi terbaru, browser akan melakukan pembaruan ke versi yang terkini. Sangat disarankan untuk tidak menggunakan browser yang versinya tidak up-to-date untuk menghindari resiko yang tidak diinginkan. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa browser yang Anda gunakan harus diperbarui ke versi terkini:

  • Kerentanan kemanan. Keamanan adalah alasan utama untuk memperbarui browser ke versi yang terkini. Menggunakan browser versi lama beresiko terhadap serangan virus, scam, trojan, phishing dan threat lainnya meskipun telah ada program antivirus. Resiko menjadi semakin besar apabila Anda menggunakannya untuk bertransaksi online. Kemungkinan celah keamanan browser versi lama telah diketahui dan dapat digunakan untuk mencuri username dan password. Menggunakan browser versi terkini menjamin Anda berinternet dengan lebih aman.
  • Performa. Anda mungkin pernah mengalami pemuatan laman web dengan beberapa gambar terasa lebih lambat. Anda mungkin sering mendapati browser versi lama mengalami crash. Kejadian-kejadian seperti ini tentu sangat menjengkelkan dan seharusnya tidak terjadi. Melakukan pembaruan browser ke versi terkini menjadikan browser Anda akan berjalan lebih cepat dan stabil.
  • Dukungan teknologi web baru. Teknologi web baru berkembang begitu cepat. Sebagai contoh, HTML5 dan CSS3 secara luas telah diadopsi oleh para web designer, web developer atau web programmer. Teknologi web baru ini membawa begitu banyak perubahan terkait adanya fitur-fitur baru atau tidak didukungnya lagi fitur-fitur tertentu yang sebelumnya ada. Salah satu kelemahan browser lama adalah kurangnya dukungan terhadap teknologi web baru seperti ini.
  • Dukungan plug-in atau add-on. Plugin dan add-on dapat memberikan kapabilitas dan fungsionalitas pada browser yang Anda gunakan. Plug-in dan add-on dapat meningkatkan pengalaman berinternet menggunakan browser kesayangan Anda melalui fitur-fitur tambahan dan fungsionalitasnya. Kebanyakan dari plug-in atau add-on dikembangkan oleh third party (pihak ketiga) yang mungkin juga sudah menggunakan teknologi web terkini. Semua browser modern yang ada saat ini mendukung penambahan plug-in atau add-on. Namun untuk browser versi lama, dukungan plug-in atau add-on tidak bisa berfungsi secara maksimal atau mungkin tidak berfungsi sama sekali.
  • Kompatibitas dan tampilan situs. Laman sebuah situs seharusnya ditampilkan secara konsisten di browser manapun. Beberapa fitur di browser versi lama mungkin tidak kompatibel lagi sehingga laman situs ditampilkan tidak sesuai keinginan. Ketidakkompatibelan ini bisa terjadi ketika situs sudah mengadopsi teknologi web baru sebagai pondasi situs mereka saat ini.
  • Pembaruan browser gratis dan tidak merepotkan. Pada umumnya, jika Anda menggunakan browser seperti Chrome, Firefox, Opera, Safari, Internet Explorer atau beberapa¬†browser lainnya, tidak akan dikenakan biaya berapapun alias gratis untuk proses pembaruan. Anda juga tidak perlu repot untuk melakukan pembaruan semuan browser yang¬†ada karena browser modern saat ini telah mendukung pembaruan secara otomatis, kecuali Anda merubah pengaturan standarnya.

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.