Ketika Anda telah selesai menginstal Joomla 2.5.x, Anda akan diberi tiga buah pilihan template untuk digunakan sebagai area frontend website Joomla dan dua pilihan template administrator untuk digunakan sebagai area administrator (backend atau panel admin) Joomla. Template bawaan untuk area frontend adalah Atomic, Beez5 dan Beez2, sedangkan template untuk area administrator adalah Bluestork dan Hathor.

Secara standar, template yang digunakan untuk area frontend website Joomla adalah Beez2 dan template untuk area administrator Joomla adalah Bluestork. Selain template-template bawaan tersebut, Anda diberi kebebasan untuk menginstal (menambah) template baik untuk area frontend maupun backend Joomla dari pihak ketiga (third party).

Joomla adalah CMS untuk membuat situs dinamis secara instan. Sebagai pembuat dan sekaligus admin website Joomla, Anda akan seringkali menggunakan area administrator, yang secara standar adalah tampilan area administrator dari Bluestork. Terkadang Anda akan merasa jenuh dengan tampilan yang sama dan menginginkan sesuatu yang berbeda baik dalam hal warna maupun tata letak (layout).

Untuk situasi yang demikian, Anda dapat mengganti template area administrator standar Joomla dengan template administrator yang lain. Mengganti template administrator di Joomla sangat mudah, sama halnya mengganti template untuk area frontend (tampilan depan). Berikut ini adalah cara untuk mengganti template area administrator di Joomla.

Secara standar, area administrator Joomla menggunakan template Bluestork sebagaimana gambar di bawah ini.

Merubah template area administrator (backend) Joomla

Untuk mengganti template area administrator Joomla, Klik menu Extensions > Template Manager.

Merubah template area administrator (backend) Joomla

Sekali lagi Anda dapat memperhatikan bahwa template standar yang digunakan sebagai area administrator Joomla adalah Bluestork - Default.

Merubah template area administrator (backend) Joomla

Beri centang di kotak centang (check box) yang ada di samping kiri template area administrator Hathor - Default dan kemudian klik tombol Make Default (tombol dengan ikon bintang warna orange) yang ada di posisi atas.

Merubah template area administrator (backend) Joomla

Anda dapat memperhatikan perubahan tampilan setelah menggunakan template area administrator Hathor - Default.

Merubah template area administrator (backend) Joomla

Berikut ini adalah tampilan control panel dari template area administrator Hathor - Default.

Merubah template area administrator (backend) Joomla

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It

MASUKKAN EMAIL ANDA UNTUK BERLANGGANAN ARTIKEL GRATIS:

Delivered by FeedBurner