Ketika seseorang mengunjungi situ Joomla Anda, halaman pertama yang terbuka adalah Home page atau front page dari situs Joomla. Secara default, Joomla menggunakan menu Home sebagai home page. Segala pengaturan yang terkait menu home akan ditampilkan saat situs Joomla dikunjungi. Ini dapat digunakan oleh pemilik situs untuk mengkreasi tampilan home page dengan sedikit berbeda dibandingkan dengan halaman lainnya.

Joomla memberikan fleksibilitas untuk menentukan item menu mana yang dijadikan sebagai home page. Misalnya, bila Anda mempunyai beberapa item menu, salah satu dari item menu dapat dijadikan home page. Di contoh ini, situs www.termasmedia.com memiliki beberapa item menu, salah satunya adalah item menu Excel yang berisi semua artikel tentang Microsoft Excel. Anda dapat menjadikan item menu Excel ini menjadi home page. Ketika pengunjung membuka situs Anda, maka halaman situs yang pertama ditampilkan adalah halaman yang terkait dengan item menu Excel. Berikut ini adalah cara untuk mengubah home page dafault di situs Joomla:

Anda dapat memperhatikan tampilan home page dari situs www.termasmedia.com yang menggunakan menu Home secara sefault (standar).

Merubah home page default (standar) di Joomla

Untuk merubah home page default, masuk terlebih dahulu ke area administrator (backend) Joomla dan kemudian klik menu Menus > Menu Manager.

Merubah home page default (standar) di Joomla

Kemudian pilih dan klik tab Menu Items.

Merubah home page default (standar) di Joomla

Perhatikan menu Home di baris pertama dengan tanda bintang aktif (warna orange) di kolom Home. Ini menunjukkan bahwa menu Home adalah home page dari situ Joomla. Segala pengaturan yang terkait dengan menu Home akan ditampilkan saat pertama kali situs diakses. Anda juga dapat melihat beberapa item menu lain yang terdapat dalam situs ini.

Merubah home page default (standar) di Joomla

Untuk merubahnya, klik tanda bintang yang ada di kolom Home dari item menu yang lain, misalnya item menu Excel. Tanda bintang yang aktif akan pindah dan menjadi satu baris dengan baris item menu Excel.

Merubah home page default (standar) di Joomla

Ketika seseorang mengunjungi situs, maka home page akan berubah dengan tampilan yang terkait dengan item menu Excel.

Merubah home page default (standar) di Joomla
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It