Jika website Joomla masih menggunakan pengaturan default, belum pernah dirubah, maka dapat dikatakan bahwa website tersebut dalam status online. Dengan status online ini, setiap pengunjung (visitor) dapat mengakses atau mengunjungi website. Meskipun tidak sering, ada kalanya Anda akan dihadapkan pada situasi untuk membuat website Joomla dalam kondisi offline untuk sementara waktu sehingga visitor tidak dapat mengakses website.

Umumnya, kondisi offline diperlukan ketika Anda sedang dalam tahap mengembangkan website (update, upgrade atau edit) dan untuk sementara waktu belum siap online. Menjadikan website Joomla offline masih memungkinkan Anda untuk bekerja dalam mode private.

Baca artikel

  • Cara Membuat Website Joomla Offline

    Dalam mode private, Anda tetap dapat melihat tampilan website secara utuh dan melihat hasil perubahan yang dilakukan dengan terlebih dahulu memasukkan user name dan password website Joomla di halaman Log in. Status offline hanya ditujukan kepada visitor umum yang sementara waktu tidak dapat melihat tampilan website kecuali hanya pesan bahwa website sedang dalam pemeliharaan.

    Artikel menarik lainnya:

    Di Joomla, membuat status website menjadi offline cukup mudah. Artikel ini menunjukkan kepada Anda bagaimana membuat website Joomla dalam keadaan offline sehingga tidak dapat diakses secara publik tetapi masih tetap tersedia untuk Anda. Berikut ini adalah lagkah-langkahnya di Joomla 3:

    Masuk terlebih dahulu ke area administrator atau panel admin Joomla, klik menu System dan kemudian pilih submenu Global Configuration.

    Cara Membuat website Joomla offline

    Pastikan Anda berada di tab Site, pilih Yes untuk Site Offline dan kemudian ketikkan pesan yang akan dibaca ketika website Joomla dalam status offline di kota teks Offline Message. Untuk menambahkan logo atau gambar agar tampilan pesan offline semakin menarik, klik tombol Select dari label Offline Image.

    Cara Membuat website Joomla offline

    Dari jendela yang muncul, pilih logo atau gambar yang Anda inginkan dan klik tombol Insert. Apabila belum tersedia, Anda dapat mengunggah (upload) terlebih dahulu melalui tombol Choose Files yang terletak di posisi bawah.

    Cara Membuat website Joomla offline

    Tekan tombol Save & Close untuk menyimpan perubahan setelan (setting).

    Cara Membuat website Joomla offline

    Untuk melihat hasilnya, jalankan website Joomla Anda.

    Cara Membuat website Joomla offline

    Video tutorial terkait:

    SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
    Pin It